Makanan Khas Sumatera Utara

Kenalkan, Sobat Teknohits

Hello Sobat Teknohits, kali ini saya ingin membahas tentang makanan khas Sumatera Utara. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Dari berbagai daerah di Sumatera Utara, terdapat beberapa makanan khas yang sangat terkenal dan patut untuk Anda coba. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang wajib Anda coba.

1. Soto Medan

Soto Medan adalah salah satu makanan khas Sumatera Utara yang sangat terkenal. Soto Medan memiliki kuah yang kental dan bercita rasa khas. Kuah soto ini terbuat dari campuran santan, rempah-rempah, dan bumbu-bumbu lainnya. Selain itu, soto Medan juga dilengkapi dengan daging ayam, telur rebus, tauge, dan kerupuk.

2. Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue tradisional yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon terbuat dari campuran tepung sagu, telur, dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Bika Ambon dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Sumatera Utara.

3. Mie Gomak

Mie Gomak adalah masakan khas dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Mie ini terbuat dari mie kuning yang dilengkapi dengan daging sapi, sayuran, dan bumbu-bumbu yang khas. Mie Gomak memiliki cita rasa gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.

4. Saksang

Saksang adalah salah satu makanan khas Batak Toba, Sumatera Utara. Saksang terbuat dari daging babi yang diolah dengan bumbu-bumbu khas Batak Toba seperti andaliman, daun salam, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Saksang memiliki rasa yang gurih dan pedas yang sangat lezat.

5. Arsik

Arsik adalah makanan khas dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Arsik terbuat dari ikan mas yang diolah dengan bumbu-bumbu khas Tapanuli seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Arsik memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.

6. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo adalah makanan khas dari suku Karo, Sumatera Utara. Babi Panggang Karo terbuat dari daging babi yang dibumbui dengan bumbu khas suku Karo seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Daging babi dipanggang hingga matang dan memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat lezat.

7. Martabak Mesir

Martabak Mesir adalah makanan khas Sumatera Utara yang berasal dari Medan. Martabak Mesir terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan daging sapi, telur, bawang merah, dan bumbu-bumbu lainnya. Martabak Mesir memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.

8. Bihun Bebek

Bihun Bebek adalah makanan khas Sumatera Utara yang terkenal dari daerah Medan. Bihun Bebek terbuat dari bihun yang dilengkapi dengan daging bebek, sayuran, dan bumbu-bumbu khas. Bihun Bebek memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat lezat.

9. Nasi Goreng Babat

Nasi Goreng Babat adalah makanan khas Sumatera Utara yang berasal dari Medan. Nasi Goreng Babat terbuat dari nasi yang diolah dengan daging babat, sayuran, dan bumbu-bumbu khas. Nasi Goreng Babat memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.

10. Bolu Gulung

Bolu Gulung adalah kue tradisional yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Bolu Gulung terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan coklat yang dilapisi dengan selai kacang atau keju. Bolu Gulung memiliki tekstur yang lembut dan manis.

11. Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas Sumatera Barat yang juga populer di Sumatera Utara. Sate Padang terbuat dari daging sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Padang seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Sate Padang disajikan dengan kuah kacang yang kental dan pedas.

12. Gulai Kambing

Gulai Kambing adalah makanan khas Sumatera Utara yang terkenal di daerah Medan. Gulai Kambing terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Sumatera Utara seperti lengkuas, daun salam, dan lain-lain. Gulai Kambing memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat lezat.

13. Mie Aceh

Mie Aceh adalah makanan khas Aceh yang juga populer di Sumatera Utara. Mie Aceh terbuat dari mie kuning yang dilengkapi dengan daging sapi, sayuran, dan bumbu-bumbu khas Aceh seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Mie Aceh memiliki cita rasa yang pedas dan gurih yang sangat menggugah selera.

14. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap adalah makanan khas Sumatera Utara yang terkenal di daerah Sibolga. Ayam Tangkap terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan bumbu khas Sumatera Utara seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Ayam Tangkap memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat lezat.

15. Martabak Manis

Martabak Manis adalah kue tradisional yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Martabak Manis terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak Manis disajikan dengan aneka topping seperti coklat, keju, kacang, dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang wajib Anda coba. Sumatera Utara memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam dan menggugah selera. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Sumatera Utara ketika berkunjung ke daerah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Sobat Teknohits!

Makanan Khas Sumatera Utara