Contoh Mad Wajib Muttasil

Hello, Sobat Teknohits!

Mad wajib muttasil adalah salah satu cara membaca Al-Quran yang harus diperhatikan oleh setiap muslim yang ingin membaca Al-Quran dengan benar. Mad wajib muttasil memiliki arti bahwa huruf-huruf yang harus dibaca dengan panjang harus disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek. Hal ini dapat mempengaruhi makhraj atau cara mengucapkan huruf tersebut. Berikut adalah contoh-contoh mad wajib muttasil yang perlu Sobat Teknohits ketahui:

1. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Ba

Mad wajib muttasil dengan huruf ba terjadi ketika huruf ba bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf ba adalah “bismillahirrahmanirrahim” dan “alhamdulillah”. Pada kedua ayat tersebut, huruf ba harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

2. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Ta

Mad wajib muttasil dengan huruf ta terjadi ketika huruf ta bertemu dengan huruf ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf ta adalah “thalika alkitabu la rayba fihi”. Pada ayat tersebut, huruf ta harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf ra yang dibaca dengan pendek.

3. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Jim

Mad wajib muttasil dengan huruf jim terjadi ketika huruf jim bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf jim adalah “yajjuz wa majjuz”. Pada ayat tersebut, huruf jim harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

4. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Dal

Mad wajib muttasil dengan huruf dal terjadi ketika huruf dal bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf dal adalah “alif laam miim sad”. Pada ayat tersebut, huruf dal harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

5. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Kha

Mad wajib muttasil dengan huruf kha terjadi ketika huruf kha bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf kha adalah “kaf ha ya ain shad”. Pada ayat tersebut, huruf kha harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

6. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Dzal

Mad wajib muttasil dengan huruf dzal terjadi ketika huruf dzal bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf dzal adalah “adrikni biqouwatiqa”. Pada ayat tersebut, huruf dzal harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

7. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Tsaa

Mad wajib muttasil dengan huruf tsaa terjadi ketika huruf tsaa bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf tsaa adalah “tsa mim”. Pada ayat tersebut, huruf tsaa harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

8. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Dha

Mad wajib muttasil dengan huruf dha terjadi ketika huruf dha bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf dha adalah “dhaalika alrrusulu fa dd aqn a man nash a”. Pada ayat tersebut, huruf dha harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

9. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Qaf

Mad wajib muttasil dengan huruf qaf terjadi ketika huruf qaf bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf qaf adalah “qaf wal-Qur’anil-majid”. Pada ayat tersebut, huruf qaf harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

10. Mad Wajib Muttasil dengan Huruf Syin

Mad wajib muttasil dengan huruf syin terjadi ketika huruf syin bertemu dengan salah satu dari enam huruf yang berikut: mim, wawu, ya, nun, lam, dan ra. Contoh ayat yang mengandung mad wajib muttasil dengan huruf syin adalah “syin qaaf”. Pada ayat tersebut, huruf syin harus dibaca dengan panjang dan disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek.

Kesimpulan

Mad wajib muttasil adalah salah satu cara membaca Al-Quran yang harus diperhatikan oleh setiap muslim yang ingin membaca Al-Quran dengan benar. Mad wajib muttasil terjadi ketika huruf-huruf yang harus dibaca dengan panjang harus disambung dengan huruf setelahnya yang dibaca dengan pendek. Contoh-contoh mad wajib muttasil yang perlu Sobat Teknohits ketahui diantaranya adalah mad wajib muttasil dengan huruf ba, ta, jim, dal, kha, dzal, tsaa, dha, qaf, dan syin. Dengan mengetahui contoh-contoh mad wajib muttasil tersebut, diharapkan Sobat Teknohits dapat membaca Al-Quran dengan benar dan memperoleh pahala yang besar. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Contoh Mad Wajib Muttasil