Ayat Kursi Latin dan Arab Beserta Artinya

Memahami Hikmah Dibalik Ayat Kursi

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas mengenai Ayat Kursi. Ayat Kursi adalah ayat ke-255 dari Surat Al-Baqarah dalam Al-Quran. Ayat ini sangat penting dan memiliki keutamaan yang besar bagi umat muslim. Ayat Kursi mengandung banyak hikmah dan makna yang bisa kita pelajari. Mari kita bahas lebih lanjut!

Ayat Kursi sendiri terdiri dari 4 ayat dalam bentuk prosa yang sangat indah. Ayat ini sangat terkenal di kalangan umat muslim karena keutamaannya yang besar. Banyak di antara kita yang menghafal ayat ini dan membacanya setiap hari sebagai perlindungan diri dari gangguan syaitan dan jin.

Ayat Kursi juga sering dijadikan sebagai amalan harian yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bagi yang membaca ayat ini dengan tekun, insya Allah akan merasa lebih tenang dan damai. Karena ayat ini mengandung kalimat-kalimat yang sangat indah dan penuh hikmah.

Bacaan Ayat Kursi dalam Bahasa Arab dan Latin

Berikut ini adalah bacaan Ayat Kursi dalam bahasa Arab dan Latin beserta artinya:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allahu laa ilaaha illaa Huu al-Hayyul-Qayyum, laa ta’khudhuhu sinatun wa laa nawm, lahu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dhal-ladhi yashfa’u ‘indahuu illaa bi-idhnihi, ya’lamu maa bayna aydeehim wa maa khalfahum, wa laa yuheetoona bishay’im-min ‘ilmihi illaa bimaa shaa’a, wasi’a kursiyyuhu as-samawaati wal ardha wa la ya’ooduhu hifdhuhumaa wa Huwal Aliyyul-Adheem”.

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Makna dan Hikmah dari Ayat Kursi

Ayat Kursi memiliki banyak makna dan hikmah yang bisa kita pelajari. Pertama, ayat ini mengajarkan kepada kita tentang keesaan Allah dan bahwa hanya Allah yang berhak disembah. Kedua, ayat ini mengajarkan bahwa Allah adalah Yang Maha Hidup dan Maha Mengurus. Allah tidak pernah lelah dan tidak pernah tidur.

Ketiga, ayat ini mengajarkan tentang kebesaran Allah dan bahwa segala sesuatu di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Allah juga Maha Mengetahui tentang segala hal yang ada di dunia ini.

Keempat, ayat ini juga mengajarkan tentang kekuasaan Allah dan bahwa tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Allah juga Maha Melindungi dan tidak merasa berat memelihara langit dan bumi.

Keutamaan Ayat Kursi

Banyak hadis yang menyebutkan tentang keutamaan Ayat Kursi. Di antaranya adalah:

1. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca Ayat Kursi ketika akan tidur, maka Allah akan menjaganya (dari gangguan syaitan) sampai pagi hari.” (HR. Bukhari)

2. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu, maka tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasa’i)

3. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu, maka dia akan dilindungi oleh Allah sampai shalat berikutnya.” (HR. An-Nasa’i)

Cara Membaca Ayat Kursi dengan Benar

Untuk membaca Ayat Kursi dengan benar, kita perlu menghafal bacaannya terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa membacanya setiap kali selesai shalat fardhu atau sebelum tidur.

Hal yang perlu diperhatikan saat membaca Ayat Kursi adalah pelafalan. Kita perlu memperhatikan tajwid dan intonasi agar bacaan kita benar dan mudah dipahami.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai Ayat Kursi beserta artinya. Ayat ini memiliki banyak hikmah dan makna yang bisa kita pelajari. Mari kita membacanya dengan tekun dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Ayat Kursi Latin dan Arab Beserta Artinya