Lagu Ampar Ampar Pisang: Lagu Khas Kalimantan yang Melegenda

Apa itu Lagu Ampar Ampar Pisang?

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang lagu ampar ampar pisang. Bagi yang berasal dari Kalimantan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan lagu ini. Lagu ampar ampar pisang merupakan salah satu lagu daerah Kalimantan Selatan yang sangat populer dan melegenda.

Lagu ini menceritakan tentang seorang ibu yang sedang mengupas pisang di tepi sungai, kemudian datanglah burung enggang dan mencuri pisang tersebut. Melalui lirik lagu ini, terdapat pesan moral yang ingin disampaikan, yaitu untuk tidak merasa kehilangan jika suatu hal yang kita miliki dicuri orang lain, karena kita sebenarnya tidak memiliki sepenuhnya.

Sejarah dan Asal-usul Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu ampar ampar pisang memiliki sejarah dan asal-usul yang cukup panjang. Lagu ini berasal dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan. Awalnya, lagu ini dibawakan oleh seorang penyanyi bernama A.R. Achmad dalam sebuah acara di Radio Republik Indonesia Banjarmasin pada tahun 1950-an.

Dalam perkembangannya, lagu ampar ampar pisang semakin populer dan banyak dibawakan oleh berbagai penyanyi. Bahkan, lagu ini dijadikan sebagai salah satu lagu wajib dalam acara upacara adat di Kalimantan Selatan.

Keunikan Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu ampar ampar pisang memiliki keunikan tersendiri yang membuat lagu ini sangat populer. Salah satu keunikan lagu ini terletak pada irama dan instrumen musik yang digunakan. Lagu ini memiliki irama yang khas dan menggunakan instrumen musik tradisional seperti gambus dan gendang.

Selain itu, lagu ini juga memiliki lirik yang sederhana namun sarat dengan nilai moral. Pesan moral yang terkandung dalam lagu ini sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Pencipta Lagu Ampar Ampar Pisang

Siapa sebenarnya pencipta lagu ampar ampar pisang? Sampai saat ini, belum ada informasi yang pasti mengenai siapa pencipta lagu ini. Beberapa sumber menyebutkan bahwa lagu ini merupakan lagu rakyat yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Namun demikian, ada juga yang mengatakan bahwa lagu ampar ampar pisang diciptakan oleh seorang seniman bernama Haji Sulaiman pada tahun 1950-an. Namun, informasi ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Lagu Ampar Ampar Pisang dalam Budaya Populer

Lagu ampar ampar pisang tidak hanya populer di Kalimantan Selatan, namun juga di seluruh Indonesia. Bahkan, lagu ini seringkali dijadikan sebagai bahan parodi atau remix oleh para musisi dan kreator konten di media sosial.

Selain itu, lagu ini juga sering dijadikan sebagai tarian dalam acara-acara adat atau kebudayaan. Tarian ampar ampar pisang biasanya ditarikan oleh beberapa orang yang membawa pisang dan mengikuti gerakan tarian yang disesuaikan dengan irama lagu.

Kesimpulan

Ampar Ampar Pisang, Lagu Khas Kalimantan yang Melegenda

Demikianlah pembahasan mengenai lagu ampar ampar pisang, lagu khas Kalimantan Selatan yang melegenda. Lagu ini tidak hanya memiliki nilai seni yang tinggi, namun juga pesan moral yang sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Sobat Teknohits. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Lagu Ampar Ampar Pisang: Lagu Khas Kalimantan yang Melegenda