Bacaan Sholat Jenazah

Salam sejahtera untuk Sobat Teknohits yang sedang membaca artikel ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bacaan sholat jenazah. Sholat jenazah merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat muslim ketika seseorang meninggal dunia. Berikut ini adalah bacaan sholat jenazah yang perlu kita ketahui.

Niat Sholat Jenazah

Sebelum memulai sholat jenazah, kita harus berniat dalam hati bahwa kita melakukan sholat jenazah untuk mayat yang dihadapkan. Niat sholat jenazah tidak perlu diucapkan dengan lisan, karena cukup dilakukan dalam hati.

Takbiratul Ihram

Setelah niat, kita harus mengucapkan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Setelah itu, turunkan kedua tangan ke bawah pusar dan membaca surat Al-Fatihah.

Bacaan Doa

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita harus membaca doa untuk mayat. Doa ini berisi permintaan ampun dan rahmat dari Allah SWT untuk mayat yang dihadapkan. Berikut adalah bacaan doa yang biasa dibaca:”Allahumma ghfir lihayyina wa mayyitina wa shahidina wa gha’ibina wa saghirina wa kabirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaytahu minna fa ahyihi ‘ala al-Islam wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu ‘ala al-Iman. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudhillana ba’dahu.”

Takbir dan Salam

Setelah selesai membaca doa, kita harus mengucapkan takbir dan salam sebagai penutup sholat jenazah. Takbir dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar” sebanyak tiga kali. Setelah itu, kita harus membaca salam dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum wa rahmatullah” ke kanan dan ke kiri.

Sholat Jenazah Anak Kecil

Adapun bacaan sholat jenazah anak kecil sedikit berbeda dengan sholat jenazah dewasa. Berikut adalah bacaan sholat jenazah anak kecil:- Niat sholat jenazah di dalam hati.- Takbiratul ihram seperti biasa.- Membaca surat Al-Fatihah.- Takbir dan membaca doa untuk mayat.- Takbir sebanyak tiga kali dan membaca salam.

Sholat Jenazah Dua Orang

Apabila ada dua orang yang meninggal dunia dalam waktu yang bersamaan, kita bisa melakukan sholat jenazah secara bergantian. Berikut adalah bacaan sholat jenazah dua orang:- Niat sholat jenazah di dalam hati.- Takbiratul ihram seperti biasa.- Membaca surat Al-Fatihah.- Takbir dan membaca doa untuk mayat pertama.- Takbir sebanyak tiga kali dan membaca salam.- Mengganti posisi dengan orang lain.- Niat sholat jenazah untuk mayat kedua.- Takbiratul ihram seperti biasa.- Membaca surat Al-Fatihah.- Takbir dan membaca doa untuk mayat kedua.- Takbir sebanyak tiga kali dan membaca salam.

Sholat Jenazah Tiga Orang atau Lebih

Jika ada tiga orang atau lebih yang meninggal dunia dalam waktu yang bersamaan, maka kita bisa melakukan sholat jenazah secara berjamaah. Berikut adalah bacaan sholat jenazah tiga orang atau lebih:- Niat sholat jenazah di dalam hati.- Takbiratul ihram seperti biasa.- Membaca surat Al-Fatihah.- Takbir dan membaca doa untuk mayat pertama.- Takbir sebanyak satu kali dan membaca doa untuk mayat kedua.- Takbir sebanyak satu kali dan membaca doa untuk mayat ketiga.- Takbir sebanyak tiga kali dan membaca salam.

Kesimpulan

Demikianlah bacaan sholat jenazah yang perlu kita ketahui. Sholat jenazah merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat muslim ketika seseorang meninggal dunia. Dengan mengetahui bacaan sholat jenazah, kita bisa melaksanakan sholat jenazah dengan benar dan sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits yang membacanya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Bacaan Sholat Jenazah