Letak Astronomis ASEAN

Hello Sobat Teknohits!

Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas tentang letak astronomis ASEAN. ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Filipina, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Berikut adalah letak astronomis masing-masing negara di ASEAN.

Indonesia, negara yang terletak di antara dua benua dan dua samudra yaitu Benua Asia dan Australia serta Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Secara astronomis, Indonesia terletak antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Indonesia juga memiliki 3 zona waktu yaitu WIB, WITA, dan WIT.

Malaysia, negara yang terletak di Asia Tenggara dengan letak astronomis4°LU-7°LU dan 100°BT-119°BT. Malaysia memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Standar Malaysia (MYT) yang sama dengan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Singapura, negara pulau kecil yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya. Secara astronomis, Singapura terletak di 1°LS dan 103°BT. Singapura juga memiliki zona waktu yang sama dengan Malaysia yaitu Waktu Standar Malaysia (MYT).

Brunei Darussalam, negara kecil di Pulau Kalimantan atau Borneo. Secara astronomis, Brunei terletak di 4°LU dan 114°BT. Brunei memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Standar Brunei Darussalam (BNT).

Thailand, negara yang terletak di Asia Tenggara dengan letak astronomis 5°LU-21°LU dan 97°BT-106°BT. Thailand memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Standar Thailand (ICT) atau GMT+7.

Vietnam, negara yang terletak di Asia Tenggara dengan letak astronomis 8°LU-24°LU dan 102°BT-110°BT. Vietnam juga memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Standar Vietnam (ICT) atau GMT+7.

Filipina, negara yang terletak di Asia Tenggara dengan letak astronomis 4°LU-21°LU dan 116°BT-127°BT. Filipina memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Standar Filipina (PST) atau GMT+8.

Laos, negara yang terletak di Asia Tenggara dengan letak astronomis 14°LU-23°LU dan 100°BT-108°BT. Laos juga memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Standar Indochina (ICT) atau GMT+7.

Myanmar, negara yang terletak di Asia Tenggara dengan letak astronomis 9°LU-29°LU dan 92°BT-102°BT. Myanmar memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Myanmar (MMT) atau GMT+6:30.

Kamboja, negara yang terletak di Asia Tenggara dengan letak astronomis 10°LU-15°LU dan 102°BT-108°BT. Kamboja juga memiliki satu zona waktu yaitu Waktu Standar Indochina (ICT) atau GMT+7.

Dari letak astronomis masing-masing negara di ASEAN, kita dapat melihat bahwa zona waktu di ASEAN hampir sama dengan Waktu Indonesia Barat (WIB) yang berada di GMT+7. Namun, ada beberapa negara di ASEAN yang memiliki zona waktu yang berbeda dengan WIB. Hal ini dapat mempengaruhi aktivitas perdagangan dan bisnis antarnegara di ASEAN.

Kesimpulan

Demikianlah letak astronomis masing-masing negara di ASEAN. Meskipun zona waktu di ASEAN hampir sama dengan WIB, namun ada negara di ASEAN yang memiliki zona waktu yang berbeda. Diharapkan informasi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Teknohits dalam menjalankan aktivitas bisnis dan perdagangan di ASEAN. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Letak Astronomis ASEAN