Surat Maryam: Kisah Perempuan Mulia dalam Al-Quran

Pengantar

Hello Sobat Teknohits, dalam agama Islam, Al-Quran adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Muslim. Di dalam Al-Quran terdapat banyak kisah-kisah yang mengandung hikmah dan pelajaran bagi kehidupan manusia. Salah satu kisah yang terdapat dalam Al-Quran adalah kisah Maryam atau yang biasa dikenal dengan Surat Maryam. Mari kita simak kisah perempuan mulia ini dalam artikel berikut ini.

Asal Usul Surat Maryam

Surat Maryam merupakan surat ke-19 dari 114 surat yang terdapat dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 98 ayat dan dinamakan Maryam karena kisah yang terdapat dalam surat ini berkaitan dengan Maryam, ibu dari Nabi Isa AS.

Kisah Maryam dalam Surat Maryam

Kisah Maryam dalam Surat Maryam dimulai dengan kisah kelahirannya. Maryam lahir dari keluarga yang saleh dan taat kepada Allah. Ayah Maryam, Imran, adalah seorang nabi yang juga merupakan keturunan Nabi Ibrahim AS. Ketika Maryam lahir, Imran memohon kepada Allah agar diberikan seorang anak yang saleh. Allah pun mengabulkan doa Imran dengan memberikan Maryam.

Maryam dan Malaikat Jibril

Kisah Maryam dalam Surat Maryam juga menceritakan ketika Maryam mendapatkan kunjungan dari Malaikat Jibril. Malaikat Jibril datang kepada Maryam dalam bentuk manusia yang tampan. Maryam pun merasa takut dan bertanya siapakah dirinya. Malaikat Jibril pun memberitahu bahwa dirinya adalah utusan dari Allah SWT dan memberitahu bahwa Maryam akan memiliki seorang anak yang akan menjadi nabi besar.

Kisah Kelahiran Nabi Isa AS

Kisah kelahiran Nabi Isa AS juga terdapat dalam Surat Maryam. Nabi Isa AS lahir dengan sebuah mukjizat yang sangat besar. Maryam melahirkan Nabi Isa AS tanpa bantuan seorang suami. Hal ini membuat orang-orang sekitar Maryam meragukan kejujuran dan kesuciannya. Namun, Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Isa AS yang dapat membuktikan bahwa beliau adalah nabi yang mulia.

Nabi Isa AS dan Maryam

Kisah Maryam dalam Surat Maryam juga menceritakan bagaimana Nabi Isa AS dan Maryam hidup bersama. Maryam sangat mencintai Nabi Isa AS dan selalu membimbingnya dalam hidup. Nabi Isa AS juga sangat mencintai Maryam dan selalu memuliakannya.

Kisah Maryam dan Raja Herodes

Kisah Maryam dalam Surat Maryam juga menceritakan bagaimana Maryam harus menghadapi Raja Herodes yang ingin membunuh Nabi Isa AS. Maryam dan Nabi Isa AS harus melarikan diri ke sebuah tempat yang aman agar terhindar dari kejaran Raja Herodes.

Kisah Maryam dan Sungai Nil

Kisah Maryam dalam Surat Maryam juga menceritakan bagaimana Maryam harus melewati Sungai Nil bersama Nabi Isa AS. Namun, Allah memberikan mukjizat kepada Maryam dan Nabi Isa AS sehingga mereka dapat melewati Sungai Nil dengan mudah.

Pelajaran dari Kisah Maryam

Kisah Maryam dalam Surat Maryam mengandung banyak pelajaran bagi kehidupan manusia. Salah satu pelajaran yang dapat diambil adalah tentang keimanan kepada Allah SWT. Maryam adalah seorang perempuan yang sangat taat kepada Allah dan selalu memohon pertolongan-Nya dalam setiap kesulitan. Pelajaran lainnya adalah tentang kejujuran dan kesucian. Maryam adalah contoh perempuan yang jujur dan suci sehingga Allah memberikan mukjizat kepadanya.

Kesimpulan

Demikianlah kisah Maryam dalam Surat Maryam. Kisah ini mengandung banyak hikmah dan pelajaran bagi kehidupan manusia. Semoga kita dapat mengambil pelajaran yang berharga dari kisah Maryam dan selalu berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Surat Maryam: Kisah Perempuan Mulia dalam Al-Quran