7 Tips Belanja Online Supaya Tidak Mudah Tertipu

Beberapa bulan kebelakang ini masyarakat dihebohkan dengan Beberapa costomer yang merasa ditipu oleh penjual online karena mendapat barang yang dibelinya tidak sesuai, nah. Maka dari itu dalam artikel kali ini teknohits akan memberikan kamu tips & trik penting tips belanja online supaya tidak mudah tertipu, penasaran tips apa saja? Yuk kita ulas dibawah ini.

1. Belanja di Situs yang Sudah mempunyai Reputasi Baik

Seperti yang sudah teknohits sebutkan di awal, toko online di Indonesia sudah menjamur di mana-mana. Belum lagi ada toko online dari luar negeri yang juga ikut meramaikan persaingan. Kamu wajib untuk memastikan untuk memilih situs online yang sudah memiliki reputasi. Cara mengeceknya yaitu dengan mencari testimoni terkait situs itu. Di mana melihat testimoninya? Kamu tinggal Buka saja di Play Store ataupun App Store. Toko online yang sudah memiliki nama pasti mempunyai aplikasi.

2. Perhatikan Tingkat Keamanan Situs Belanja Online

Oh iya, salah satu indikasi jika toko online itu dapat dipercaya yaitu tingkat keamanan yang dimilikinya. Caranya gampang kok, cari situs yang diawali dengan HTTPS. Kamu akan temukan ada simbol gembok yang muncul pada address bar. Ini menandakan bahwa situs tersebut telah dilengkapi dengan secure sockets layer (SSL).

3. Jangan Memberikan Terlalu Banyak Informasi

Setelah kamu memastikan situs belanja online yang aman, biasanya kamu akan disuruh untuk membuat akun agar kamu bisa berbelanja di situs itu. Minimalisir info yang bisa kamu berikan kepada toko online. Jika terjadi kebocoran data, privasimu yang akan menjadi taruhannya!

4. Buat Password yang Super Kuat

Demi berikan perlindungan ekstra, kita harus menyiapkan password yang ekstra kuat supaya data kita di toko online tersebut aman. Jangan memakai password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang serumit mungkin. Jika terlalu rumit sampai lupa gimana? Catat password tersebut di buku catatan kamu dan pastikan jangan sampai kehilangan buku tersebut.

5. Baca Terms and Conditions

Mimin paham jika ini jadi satu aktivitas yang sangat membosankan. Akan tetapi, demi keamanan dan kenyamananmu berbelanja online, Jaka saranin untuk mengusir rasa malas tersebut. Bacalah terms and condition. Perhatikan baik-baik tiap poin, terutama yang berkaitan dengan transaksi. Contohnya, apakah ada pengembalian uang jika barang tidak sampai. Bukan cuma itu, perhatikan pula poin yang berkaitan dengan data kita, seperti apakah data kita tidak akan diberikan kepada pihak lain dan lain sebagainya.

6. Belanja di Lapak yang Terpercaya

Bila udah menentukan toko online dan telah menyelesaikan berbagai urusan administrasi, maka sudah saatnya untuk kamu memilih lapak atau penjual yang terpercaya. Beberapa toko online sudah menyediakan  rating  untuk penjual mana yang sering mendapatkan respons positif maupun negatif. Perhatikan pula testimoni yang diberikan kepada mereka. cuma melihat testimoni bintang lima, melihat pelanggan yang memberikan bintang satu untuk mengetahui.

7. Jangan Mudah Tergoda dengan Barang Terlalu Murah

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh toko online yaitu harga yang lebih murah dari retail tradisional. pasti kita akan senang jika bisa mendapatkan barang yang murah. Namun, jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah. televisi ada acara resmi dari toko onlinenya (seperti Mini Cooper untuk Rp 12.000 ), jangan tergoda. Misalnya terdapat penjual yang menawarkan ASUS ROG Phone dengan harga Rp200.000, jangan pernah mempercayai tawaran tersebut.