Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Artinya

Pendahuluan

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang makna dari kalimat bismillahirrahmanirrahim yang sering kita dengar dan ucapkan sebelum melakukan suatu aktivitas. Salah satu kalimat tersebut adalah fabiayyi ala irobbikuma tukadziban, yang artinya adalah “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”. Kalimat ini terdapat dalam surah Ar-Rahman ayat ke-13. Namun, apa sebenarnya makna dari kalimat ini? Mari kita bahas lebih dalam.

Tafsir Kalimat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Secara harfiah, fabiayyi ala irobbikuma tukadziban dapat diartikan sebagai “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”. Namun, jika kita mengambil makna dari kata-kata tersebut, maka kalimat ini mempunyai arti yang lebih dalam.Menurut para ulama tafsir, kalimat ini merupakan sebuah pertanyaan retorik yang bertujuan untuk mengingatkan manusia akan kebesaran dan keagungan Allah SWT serta nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya kepada manusia.Dalam surah Ar-Rahman, Allah SWT telah menjelaskan berbagai macam nikmat yang telah diberikan-Nya kepada manusia, seperti air, makanan, tumbuh-tumbuhan, dan lain sebagainya. Namun, masih banyak manusia yang tidak menghargai nikmat-nikmat tersebut dan bahkan mengabaikannya.Dalam kalimat ini, Allah SWT menegaskan bahwa semua nikmat yang ada di dunia ini berasal dari-Nya dan manusia seharusnya menghargainya serta tidak mengabaikannya.

Implikasi Kalimat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Implikasi dari kalimat ini sangatlah besar. Manusia harus menyadari bahwa semua yang ada di dunia ini adalah nikmat dari Allah SWT dan harus selalu bersyukur atas nikmat-Nya. Selain itu, manusia juga harus memperlakukan nikmat tersebut dengan baik dan tidak sembarangan memboroskannya.Implikasi lainnya adalah manusia harus selalu ingat bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini akan kembali kepada Allah SWT. Oleh karena itu, manusia harus memanfaatkan nikmat-Nya dengan baik dan berbuat kebaikan selama masih diberi kesempatan.

Kesimpulan

Dalam surah Ar-Rahman, Allah SWT telah mengingatkan manusia tentang berbagai nikmat yang telah diberikan-Nya. Melalui kalimat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban, Allah SWT menegaskan bahwa semua nikmat berasal dari-Nya dan manusia seharusnya menghargainya serta tidak mengabaikannya.Implikasi dari kalimat ini sangatlah besar, manusia harus selalu bersyukur atas nikmat-Nya dan memperlakukan nikmat tersebut dengan baik. Selain itu, manusia juga harus selalu ingat bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini akan kembali kepada Allah SWT.Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk memanfaatkan nikmat-Nya dengan baik dan berbuat kebaikan selama masih diberi kesempatan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Teknohits!

Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Artinya