Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Hello Sobat Teknohits! Di artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal. Sebagai umat muslim, membayar zakat adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya. Namun, ada beberapa jenis zakat yang harus kita ketahui perbedaannya. Yuk, simak penjelasannya!

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat ini harus dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu, baik itu dewasa maupun anak-anak. Besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Saat ini, besaran zakat fitrah di Indonesia adalah sekitar Rp 25.000 per orang.

Ada beberapa perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal. Pertama, zakat fitrah dikeluarkan pada saat menjelang Idul Fitri, sedangkan zakat mal bisa dikeluarkan kapan saja selama tahun. Kedua, besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang dikonsumsi, sedangkan besaran zakat mal ditentukan berdasarkan harta yang dimiliki oleh seseorang.

Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan berdasarkan harta yang dimiliki oleh seseorang. Zakat ini harus dikeluarkan jika jumlah harta yang dimiliki sudah mencapai nisab, yaitu jumlah minimal harta yang harus dimiliki agar wajib membayar zakat. Nisab zakat mal saat ini sekitar Rp 4 juta.

Besaran zakat mal adalah 2,5% dari jumlah harta yang dimiliki. Zakat mal bisa dikeluarkan kapan saja selama tahun, tidak hanya pada saat hari raya seperti zakat fitrah. Selain itu, zakat mal bisa dikeluarkan untuk beberapa jenis harta, seperti uang, emas, perak, dan saham.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan utama antara zakat fitrah dan zakat mal terletak pada waktu pelaksanaannya dan besaran yang harus dibayar. Zakat fitrah dikeluarkan pada saat menjelang Idul Fitri dan besarnya ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang dikonsumsi, sedangkan zakat mal bisa dikeluarkan kapan saja selama tahun dan besarnya ditentukan berdasarkan harta yang dimiliki.

Sebagai umat muslim, kita harus selalu memperhatikan kewajiban membayar zakat. Dengan membayar zakat, kita dapat membantu meringankan beban orang-orang yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits yang membacanya. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal