Ikhfa Syafawi Adalah

Pengertian Ikhfa Syafawi

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ikhfa syafawi. Ikhfa syafawi adalah salah satu aturan tajwid yang sering digunakan dalam membaca Al-Quran. Ikhfa syafawi sendiri memiliki pengertian yaitu menyamarkan huruf nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf-huruf tertentu.

Huruf-Huruf yang Menyebabkan Ikhfa Syafawi

Dalam membaca Al-Quran, terdapat beberapa huruf yang menyebabkan terjadinya ikhfa syafawi. Huruf-huruf tersebut adalah ba’, ta’, jim, dal, dzal, zai, sin, syin, dan shad.

Cara Membaca Ikhfa Syafawi

Untuk membaca ikhfa syafawi, kita harus menyamarkan atau membaca huruf nun mati atau tanwin dengan suara yang halus atau tipis. Misalnya pada ayat “wa amma man khaafa maqaam rabbihi wa nahan nafsa ‘anil hawa”, pada kata “maqaam”, huruf nun mati yang terdapat pada kata tersebut harus dibaca dengan suara yang halus atau tipis.

Manfaat Membaca Ikhfa Syafawi

Membaca Al-Quran dengan benar dan baik memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Salah satu manfaat membaca ikhfa syafawi adalah dapat meningkatkan kualitas bacaan kita. Dengan membaca ikhfa syafawi dengan benar, maka bacaan kita akan menjadi lebih indah dan merdu.

Contoh Ayat yang Menggunakan Ikhfa Syafawi

Berikut adalah beberapa contoh ayat yang menggunakan ikhfa syafawi:

1. “Fathakkir innama anta muthakkir” (QS. Al-Gasyiyah: 21)

2. “Tsumma ja’alnaahu nutfatan fii qararin makiin” (QS. Al-Mu’minuun: 13)

3. “Wa ja’alnaa mim baini aydiihim saddan wa min khalfihim saddan fa aghshai naahum fahum laa yubsiroon” (QS. Yaa Siin: 9)

Kesimpulan

Dalam pembacaan Al-Quran, ikhfa syafawi merupakan salah satu aturan tajwid yang harus diperhatikan. Ikhfa syafawi sendiri memiliki pengertian yaitu menyamarkan huruf nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf-huruf tertentu. Untuk membaca ikhfa syafawi dengan benar, kita harus membaca huruf nun mati atau tanwin dengan suara yang halus atau tipis. Dengan demikian, bacaan kita akan menjadi lebih indah dan merdu.

Sekian artikel mengenai ikhfa syafawi ini, semoga bermanfaat untuk Sobat Teknohits. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Ikhfa Syafawi Adalah