Ciri-Ciri TBC yang Harus Kamu Ketahui, Sobat Teknohits!

Hello, Sobat Teknohits! Sudahkah kamu mengetahui ciri-ciri penyakit TBC? Sebagai salah satu penyakit yang masih banyak menyerang masyarakat, kamu harus mengetahui gejala-gejala yang muncul agar bisa segera melakukan tindakan preventif. Nah, berikut adalah beberapa ciri-ciri TBC yang harus kamu ketahui.

Batuk Lebih dari 2 Minggu

Jika kamu mengalami batuk selama lebih dari 2 minggu dan tidak kunjung sembuh, kamu harus mulai waspada. Batuk yang disertai dengan dahak bisa menjadi ciri-ciri awal dari penyakit TBC.

Demam dan Berkeringat di Malam Hari

Gejala TBC selanjutnya adalah demam dan berkeringat di malam hari. Suhu tubuh yang tidak normal dan keringat berlebihan di malam hari bisa menjadi tanda-tanda infeksi TBC.

Sesak Napas

Apabila kamu merasa kesulitan bernapas atau sesak napas, hal ini bisa menjadi ciri-ciri TBC. Jangan anggap remeh gejala ini karena bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.

Penurunan Berat Badan yang Tidak Wajar

Jika kamu mengalami penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat tanpa sebab yang jelas, kamu harus mulai mencurigai bahwa kamu terkena TBC. Penurunan berat badan yang tidak wajar bisa menjadi tanda-tanda infeksi TBC.

Nyeri Dada dan Batuk Darah

TBC paru-paru bisa menyebabkan nyeri dada dan batuk darah. Jika kamu mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kelelahan yang Tidak Wajar

Apabila kamu merasa mudah lelah dan kelelahan secara berlebihan, hal ini bisa menjadi ciri-ciri TBC. Penyakit ini bisa membuat tubuh menjadi lemah dan mudah merasa lelah.

Penyakit Kulit

Penyakit TBC juga bisa menyerang kulit dan menyebabkan gejala seperti bisul atau benjolan pada kulit. Jika kamu mengalami gejala ini, jangan tunda lagi untuk segera periksakan diri ke dokter.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Apabila kamu mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang berlangsung lebih dari 2 minggu, kamu harus mulai mencurigai bahwa kamu terkena TBC. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa menjadi tanda-tanda infeksi TBC.

Sakit Kepala dan Nafsu Makan Berkurang

Gejala TBC selanjutnya adalah sakit kepala dan nafsu makan yang berkurang. Jangan anggap remeh gejala ini karena bisa menjadi tanda-tanda infeksi TBC.

Batuk Berdarah

Jika kamu mengalami batuk berdarah, segera periksakan diri ke dokter karena bisa menjadi tanda-tanda infeksi TBC. Batuk berdarah bisa terjadi karena adanya kerusakan pada paru-paru akibat infeksi TBC.

Berkurangnya Stamina

Penyakit TBC bisa menyebabkan berkurangnya stamina dan kekuatan tubuh. Jika kamu merasa mudah lelah dan tidak bertenaga, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Infeksi Saluran Kemih

TBC juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan menyebabkan gejala seperti susah buang air kecil atau nyeri saat buang air kecil. Jika kamu mengalami gejala ini, jangan tunda lagi untuk segera periksakan diri ke dokter.

Sakit Punggung

Apabila kamu mengalami sakit punggung yang tidak kunjung sembuh, hal ini bisa menjadi ciri-ciri TBC. Penyakit ini bisa menyerang tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit pada punggung.

Tubuh Lemas dan Mudah Sakit

Penyakit TBC bisa membuat tubuh menjadi lemas dan mudah sakit. Jangan anggap remeh gejala ini karena bisa menjadi tanda-tanda infeksi TBC.

Kesulitan Makan dan Menelan

Jika kamu mengalami kesulitan makan dan menelan, hal ini bisa menjadi ciri-ciri TBC. Penyakit ini bisa menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan dan membuat sulit makan dan menelan makanan.

Perut Kembung

Penyakit TBC juga bisa menyebabkan perut kembung dan sakit pada bagian perut. Jika kamu mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Perubahan Suara

Jika kamu mengalami perubahan suara seperti serak atau suara yang tidak normal, hal ini bisa menjadi ciri-ciri TBC. Penyakit ini bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan menyebabkan perubahan suara.

Mual dan Muntah

TBC bisa menyebabkan mual dan muntah pada beberapa kasus. Jika kamu mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kehilangan Rasa dan Bau

Penyakit TBC bisa menyebabkan kehilangan rasa dan bau pada beberapa kasus. Jangan anggap remeh gejala ini karena bisa menjadi tanda-tanda infeksi TBC.

Kesimpulan

Dari beberapa ciri-ciri TBC yang sudah disebutkan di atas, kamu harus lebih waspada dan segera melakukan tindakan preventif jika mengalami gejala-gejala tersebut. Periksakan diri ke dokter dan jangan tunda lagi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Teknohits!

Ciri-Ciri TBC yang Harus Kamu Ketahui, Sobat Teknohits!