Jelaskan Letak Indonesia Secara Geografis

Pendahuluan

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang letak geografis Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki letak yang sangat strategis di antara dua benua besar, yaitu Asia dan Australia serta dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik.

Wilayah Indonesia

Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara dan berbatasan langsung dengan negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, Papua Nugini dan Australia. Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.443 km persegi yang terdiri dari daratan dan lautan.

Letak Geografis Indonesia

Secara geografis, Indonesia terletak di antara 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Terletak di sebelah utara Australia dan sebelah selatan Filipina, Indonesia membentang dari ujung barat Aceh hingga ujung timur Papua Nugini.

Indonesia Terdiri dari Berapa Pulau?

Indonesia terdiri dari sekitar 17.000 pulau yang tersebar di antara Samudera Hindia dan Pasifik. Pulau terbesar di Indonesia adalah Papua, yang juga menjadi pulau terbesar ke-2 di dunia setelah Greenland.

Letak Geografis Pulau Jawa

Pulau Jawa adalah pulau terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 141 juta jiwa. Pulau Jawa terletak di antara 5,5°LU – 8,5°LS dan 105,5°BT – 114,5°BT. Pulau Jawa dikelilingi oleh Samudera Hindia dan Selat Sunda di sebelah selatan dan Selat Bali di sebelah timur.

Letak Geografis Pulau Bali

Pulau Bali terletak di antara 8° – 9° LS dan 114° – 115° BT. Pulau Bali terletak di sebelah timur Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Lombok. Pulau Bali dikelilingi oleh Laut Bali di sebelah selatan dan Selat Bali di sebelah utara.

Letak Geografis Pulau Sumatera

Pulau Sumatera terletak di antara 0° – 6° LS dan 97° – 108° BT. Pulau Sumatera dikelilingi oleh Selat Malaka di sebelah barat, Samudera Hindia di sebelah selatan, Selat Sunda di sebelah selatan dan barat serta Selat Bangka di sebelah timur.

Letak Geografis Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan terletak di antara 0° – 4° LU dan 109° – 119° BT. Pulau Kalimantan dikelilingi oleh Selat Makassar di sebelah timur, Laut Sulawesi di sebelah utara, Laut Cina Selatan di sebelah barat dan Selat Karimata di sebelah selatan.

Letak Geografis Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi terletak di antara 0° – 4° LS dan 119° – 125° BT. Pulau Sulawesi dikelilingi oleh Laut Sulawesi di sebelah utara, Selat Makassar di sebelah barat, Laut Flores di sebelah selatan dan Teluk Tomini di sebelah timur.

Letak Geografis Pulau Papua

Pulau Papua adalah pulau terbesar di Indonesia yang terletak di antara 0° – 10° LS dan 130° – 141° BT. Pulau Papua dikelilingi oleh Samudera Pasifik di sebelah timur, Laut Arafuru di sebelah utara, Selat Torres di sebelah barat dan Laut Seram serta Teluk Papua di sebelah selatan.

Letak Geografis Ibu Kota Indonesia

Ibu kota Indonesia, Jakarta terletak di antara 6° – 7° LS dan 106° – 107° BT. Jakarta terletak di Pulau Jawa dan dikelilingi oleh Laut Jawa di sebelah utara dan barat.

Kesimpulan

Indonesia memiliki letak geografis yang sangat strategis di antara dua benua besar dan dua samudera. Indonesia terdiri dari sekitar 17.000 pulau dengan pulau terbesar ke-2 di dunia, yaitu Papua. Setiap pulau di Indonesia memiliki letak geografis yang berbeda-beda yang membuat Indonesia semakin kaya akan keindahan alamnya. Oleh karena itu, mari kita jaga dan lestarikan keindahan alam Indonesia untuk generasi yang akan datang.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Jelaskan Letak Indonesia Secara Geografis