Verb 3 Be: Apa Itu dan Bagaimana Menggunakannya

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang verb 3 be dalam bahasa Inggris. Apa itu verb 3 be? Verb 3 be adalah bentuk kata kerja ‘to be’ dalam bentuk lampau atau past tense. Dalam bahasa Inggris, verb 3 be sering digunakan dalam kalimat pasif dan kalimat tanya. Mari kita bahas lebih lanjut!

Bentuk Verb 3 Be

Verb 3 be terdiri dari tiga bentuk: was, were, dan been. Was digunakan untuk subjek tunggal, sedangkan were digunakan untuk subjek jamak. Been digunakan dalam kalimat pasif dan kalimat tanya. Contohnya:- I was happy yesterday.- They were at the party last night.- Have you been to Bali?

Penggunaan Verb 3 Be dalam Kalimat Pasif

Verb 3 be sering digunakan dalam kalimat pasif. Kalimat pasif dibentuk dengan menggunakan kata kerja to be dalam bentuk lampau (verb 3 be) dan kata kerja dalam bentuk past participle. Contohnya:- The cake was baked by my mom. (Kue itu dibuat oleh ibuku)- The book was written by J.K. Rowling. (Buku itu ditulis oleh J.K. Rowling)

Penggunaan Verb 3 Be dalam Kalimat Tanya

Verb 3 be juga sering digunakan dalam kalimat tanya. Kalimat tanya dibentuk dengan membalikkan posisi subjek dan kata kerja. Contohnya:- Was she happy last night? (Apakah dia bahagia kemarin malam?)- Were they at the party last night? (Apakah mereka ada di pesta kemarin malam?)- Have you been to Bali? (Apakah kamu pernah ke Bali?)

Penggunaan Verb 3 Be dalam Kalimat Negatif

Dalam kalimat negatif, verb 3 be digunakan dengan menambahkan kata ‘not’ setelah kata kerja to be. Contohnya:- I was not happy yesterday. (Saya tidak bahagia kemarin)- They were not at the party last night. (Mereka tidak ada di pesta kemarin malam)- Have you not been to Bali? (Apakah kamu belum pernah ke Bali?)

Contoh Kalimat dengan Verb 3 Be

Berikut beberapa contoh kalimat dengan verb 3 be:- She was studying for the exam last night.- We were watching a movie at the cinema yesterday.- They have been to Japan three times.

Kesimpulan

Verb 3 be adalah bentuk kata kerja ‘to be’ dalam bentuk lampau atau past tense. Verb 3 be terdiri dari tiga bentuk: was, were, dan been. Verb 3 be sering digunakan dalam kalimat pasif dan kalimat tanya. Dalam kalimat negatif, kata ‘not’ ditambahkan setelah kata kerja to be. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Verb 3 Be: Apa Itu dan Bagaimana Menggunakannya