Tata Cara Wudhu dan Doanya

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tata cara wudhu dan doanya. Wudhu adalah bagian dari ibadah dalam agama Islam yang dilakukan sebelum shalat. Wudhu dapat membersihkan kotoran pada tubuh dan juga sebagai bentuk persiapan diri sebelum beribadah.

Syarat Wudhu

Sebelum melakukan wudhu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, niat untuk berwudhu haruslah murni karena Allah SWT. Kedua, mengucapkan bismillah sebelum memulai wudhu. Ketiga, membasuh seluruh anggota wudhu dengan sempurna.

Tata Cara Wudhu

Berikut ini adalah tata cara wudhu yang benar:1. Basuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali.2. Mulut diambil air, berkumur dan membuang air kumur sebanyak tiga kali.3. Hidung diambil air sebanyak tiga kali dan mengeluarkan air dari hidung sebanyak tiga kali.4. Membasuh seluruh wajah sebanyak tiga kali.5. Membasuh kedua tangan hingga siku sebanyak tiga kali.6. Mengusap kepala sebanyak satu kali.7. Membasuh kedua telinga sebanyak satu kali.8. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali.

Doa Setelah Wudhu

Setelah selesai berwudhu, ada beberapa doa yang dapat dibaca:1. “Ashhadu alla ilaha illallah wa anna Muhammadan rasulullah” (Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah).2. “Allahumma aj’alni minat-tawwabin waj’alni minal-mutathahhirin” (Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu bersih).

Kesimpulan

Demikianlah tata cara wudhu dan doanya yang benar sesuai dengan ajaran agama Islam. Melakukan wudhu dengan benar dapat membersihkan kotoran pada tubuh dan juga sebagai persiapan diri sebelum beribadah. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan doa setelah wudhu agar kita selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Tata Cara Wudhu dan Doanya