Al Falaq Artinya: Mengenal Makna dari Surat Al Falaq

Pengantar

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu surat dalam Al-Quran yaitu Al Falaq. Surat Al Falaq merupakan salah satu dari 114 surat yang terdapat dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah. Makna dari Al Falaq sendiri memiliki banyak sekali makna yang dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai. Yuk, kita simak bersama-sama.

Tafsir Surat Al Falaq

Surat Al Falaq sendiri memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Surat ini bercerita tentang perlindungan dari segala kejahatan dan bahaya yang ada di dunia. Surat Al Falaq merupakan salah satu surat yang dibaca sebagai pengusir setan dan jin yang jahat.

Makna Ayat Pertama

Ayat pertama dari Surat Al Falaq berbunyi “Qul a’udhu bi Rabbil Falaq” yang artinya “Katakanlah: aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh”. Ayat ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang terjadi pada saat subuh.

Makna Ayat Kedua

Ayat kedua dari Surat Al Falaq berbunyi “Min syarri ma khalaq” yang artinya “Dari kejahatan makhluk-Nya yang telah diciptakan”. Ayat ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang dilakukan oleh makhluk-Nya.

Makna Ayat Ketiga

Ayat ketiga dari Surat Al Falaq berbunyi “Wa min syarri ghasiqin itha waqab” yang artinya “Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita”. Ayat ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang terjadi pada malam hari.

Makna Ayat Keempat

Ayat keempat dari Surat Al Falaq berbunyi “Wa min syarri an-naffathati fil ‘uqad” yang artinya “Dan dari kejahatan orang yang meniup pada buhul-buhul”. Ayat ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang dilakukan oleh orang yang meniup pada buhul-buhul.

Makna Ayat Kelima

Ayat kelima dari Surat Al Falaq berbunyi “Wa min syarri hasidin itha hasad” yang artinya “Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. Ayat ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang dilakukan oleh orang yang dengki.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Surat Al Falaq adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang sangat penting untuk dibaca sebagai perlindungan dari segala kejahatan yang ada di dunia. Surat ini mengajarkan kita untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Al Falaq Artinya: Mengenal Makna dari Surat Al Falaq