Macam-Macam Zakat

Hello Sobat Teknohits! Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim yang mampu. Zakat memiliki banyak macamnya dan setiap macamnya memiliki aturan dan cara pelaksanaannya yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan membahas macam-macam zakat yang ada dalam Islam.

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah zakat yang diberikan pada saat Idul Fitri sebagai tanda syukur atas berakhirnya bulan Ramadan. Zakat Fitrah diberikan dalam bentuk bahan makanan pokok seperti beras, gandum, atau kurma. Jumlah zakat fitrah yang harus diberikan adalah sebesar satu sha’ (3 kg) bahan makanan pokok per orang yang dikeluarkan zakatnya.

Zakat Maal

Zakat Maal adalah zakat yang wajib dikeluarkan atas harta kekayaan yang dimiliki oleh setiap umat muslim yang telah mencapai nisab (batas minimum harta yang harus dimiliki untuk dikenakan zakat). Zakat Maal diberikan sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat Maal dapat diberikan dalam bentuk uang, emas, atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Penghasilan

Zakat Penghasilan adalah zakat yang dikenakan atas penghasilan yang diperoleh selama satu tahun. Zakat penghasilan diberikan sebesar 2,5% dari penghasilan kotor yang diperoleh setiap tahunnya. Zakat penghasilan dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Profesi

Zakat Profesi adalah zakat yang dikenakan atas penghasilan yang diperoleh dari profesi atau pekerjaan yang dilakukan. Zakat profesi diberikan sebesar 2,5% dari penghasilan kotor yang diperoleh dari pekerjaan tersebut. Zakat profesi dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Tabungan

Zakat Tabungan adalah zakat yang dikenakan atas tabungan yang dimiliki selama satu tahun. Zakat tabungan diberikan sebesar 2,5% dari jumlah tabungan yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat tabungan dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Emas dan Perak

Zakat Emas dan Perak adalah zakat yang dikenakan atas kepemilikan emas dan perak selama satu tahun. Zakat emas dan perak diberikan sebesar 2,5% dari jumlah emas dan perak yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat emas dan perak dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Pertanian

Zakat Pertanian adalah zakat yang dikenakan atas hasil pertanian yang diperoleh selama satu tahun. Zakat pertanian diberikan sebesar 5% atau 10% dari hasil panen tergantung dari jenis tanaman yang ditanam. Zakat pertanian dapat diberikan dalam bentuk hasil panen atau uang.

Zakat Peternakan

Zakat Peternakan adalah zakat yang dikenakan atas hasil peternakan yang diperoleh selama satu tahun. Zakat peternakan diberikan sebesar 2,5% dari jumlah hewan ternak yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat peternakan dapat diberikan dalam bentuk hewan ternak atau uang.

Zakat Perdagangan

Zakat Perdagangan adalah zakat yang dikenakan atas keuntungan yang diperoleh dari perdagangan selama satu tahun. Zakat perdagangan diberikan sebesar 2,5% dari keuntungan yang diperoleh selama satu tahun. Zakat perdagangan dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Hewan Ternak

Zakat Hewan Ternak adalah zakat yang dikenakan atas kepemilikan hewan ternak selama satu tahun. Zakat hewan ternak diberikan sebesar 2,5% dari jumlah hewan ternak yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat hewan ternak dapat diberikan dalam bentuk hewan ternak atau uang.

Zakat Emas dan Perhiasan

Zakat Emas dan Perhiasan adalah zakat yang dikenakan atas kepemilikan emas dan perhiasan selama satu tahun. Zakat emas dan perhiasan diberikan sebesar 2,5% dari jumlah emas dan perhiasan yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat emas dan perhiasan dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Barang Temuan

Zakat Barang Temuan adalah zakat yang dikenakan atas barang temuan yang diperoleh selama satu tahun. Zakat barang temuan diberikan sebesar 20% dari nilai barang temuan yang diperoleh selama satu tahun. Zakat barang temuan dapat diberikan dalam bentuk barang atau uang.

Zakat Jual Beli

Zakat Jual Beli adalah zakat yang dikenakan atas barang dagangan yang diperoleh dari hasil jual beli selama satu tahun. Zakat jual beli diberikan sebesar 2,5% dari nilai barang dagangan yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat jual beli dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Bunga Bank

Zakat Bunga Bank adalah zakat yang dikenakan atas bunga yang diperoleh dari simpanan di bank selama satu tahun. Zakat bunga bank diberikan sebesar 2,5% dari jumlah bunga yang diperoleh selama satu tahun. Zakat bunga bank dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Gaji

Zakat Gaji adalah zakat yang dikenakan atas gaji atau upah yang diperoleh dari pekerjaan selama satu tahun. Zakat gaji diberikan sebesar 2,5% dari gaji atau upah yang diperoleh selama satu tahun. Zakat gaji dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Zakat Kebun

Zakat Kebun adalah zakat yang dikenakan atas keuntungan yang diperoleh dari hasil kebun selama satu tahun. Zakat kebun diberikan sebesar 5% atau 10% dari hasil panen tergantung dari jenis tanaman yang ditanam. Zakat kebun dapat diberikan dalam bentuk hasil panen atau uang.

Zakat Barang Import

Zakat Barang Import adalah zakat yang dikenakan atas barang import yang diperoleh selama satu tahun. Zakat barang import diberikan sebesar 2,5% dari nilai barang import yang diperoleh selama satu tahun. Zakat barang import dapat diberikan dalam bentuk barang atau uang.

Zakat Saham

Zakat Saham adalah zakat yang dikenakan atas kepemilikan saham dalam perusahaan selama satu tahun. Zakat saham diberikan sebesar 2,5% dari nilai saham yang dimiliki setiap tahunnya. Zakat saham dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang lain yang memiliki nilai.

Kesimpulan

Demikianlah macam-macam zakat yang ada dalam Islam. Setiap macam zakat memiliki aturan dan cara pelaksanaannya yang berbeda-beda. Penting bagi kita sebagai umat muslim untuk mengetahui macam-macam zakat yang ada serta cara pelaksanaannya agar kita dapat melaksanakannya dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Macam-Macam Zakat