Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Dapat Menenangkan Hati

Hello, Sobat Teknohits! Pernahkah kamu merasakan ketenangan setelah menunaikan sholat fardhu? Namun, tahukah kamu bahwa ada doa yang bisa kamu panjatkan setelah sholat fardhu? Doa ini bisa menjadi penyejuk hati dan membuatmu semakin dekat dengan Sang Pencipta. Yuk, simak bersama-sama doa sesudah sholat fardhu yang dapat menenangkan hati berikut ini!

Doa Sesudah Sholat Fardhu Sunnah

Doa sesudah sholat fardhu sunnah adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya: “Mahasuci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat fardhu sunnah. Selain itu, doa ini juga bisa digunakan setelah menunaikan sholat fardhu wajib.

Doa Sesudah Sholat Fardhu Wajib

Doa sesudah sholat fardhu wajib adalah sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Qayyum, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Doa ini sangat penting untuk dibaca setelah menunaikan sholat fardhu wajib. Dengan membaca doa ini, kita memohon ampun atas segala dosa yang telah kita lakukan dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di masa depan.

Doa Sesudah Sholat Maghrib

Doa sesudah sholat maghrib adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَجِرْنِيْ مِنَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat maghrib. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca setelah menunaikan sholat isya.

Doa Sesudah Sholat Isya

Doa sesudah sholat isya adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Artinya: “Mahasuci Allah dengan segala puji-Nya, sebanyak jumlah makhluk-Nya, sebesar keridhaan-Nya, seberat timbangan Arsy-Nya, dan sebanyak tinta kalimat-Nya.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat isya. Dengan membaca doa ini, kita memuji kebesaran Allah dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Doa Sesudah Sholat Subuh

Doa sesudah sholat subuh adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا ، وَرِزْقًا طَيِّبًا ، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat subuh. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah untuk memberikan ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima.

Doa Sesudah Sholat Dhuha

Doa sesudah sholat dhuha adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampun dan keselamatan di dunia dan akhirat.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat dhuha. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah untuk memberikan ampun dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Doa Sesudah Sholat Tahajud

Doa sesudah sholat tahajud adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan rahmat-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari diri-Mu. Aku tidak bisa memuji-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat tahajud. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah untuk melindungi kita dari kemarahan-Nya dan memberikan rahmat-Nya kepada kita.

Doa Sesudah Sholat Tarawih

Doa sesudah sholat tarawih adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, orang tua ku, dan semua orang muslim yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal dunia.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat tarawih. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah untuk memberikan ampun dan rahmat kepada kita dan semua orang muslim.

Doa Sesudah Sholat Idul Fitri

Doa sesudah sholat Idul Fitri adalah sebagai berikut:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصَلَاتَنَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُتَقَبَّلِيْنَ

Artinya: “Semoga Allah menerima puasa dan sholat kita, dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang diterima amalnya.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat Idul Fitri. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah untuk menerima amal ibadah kita selama bulan suci Ramadhan.

Doa Sesudah Sholat Idul Adha

Doa sesudah sholat Idul Adha adalah sebagai berikut:

اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Artinya: “Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah, dan segala puji bagi Allah.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan sholat Idul Adha. Dengan membaca doa ini, kita mengagungkan kebesaran Allah dan bersyukur atas nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita.

Kesimpulan

Demikianlah doa sesudah sholat fardhu yang dapat menenangkan hati. Jangan lupa untuk mengamalkannya setiap kali menunaikan sholat, ya! Semoga dengan membaca doa-doa tersebut, kita bisa semakin dekat dengan Sang Pencipta dan menjadi pribadi yang lebih baik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Dapat Menenangkan Hati