Noun Clause: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Indonesia

Apa itu Noun Clause?

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang noun clause. Noun clause adalah sebuah klausa yang berfungsi sebagai kata benda dalam sebuah kalimat. Klausa ini biasanya diawali dengan kata tanya seperti who, what, where, when, why, dan how. Noun clause dapat berfungsi sebagai subjek, objek, atau pelengkap dalam kalimat. Dalam bahasa Indonesia, noun clause disebut dengan klausa nominal.

Contoh Noun Clause sebagai Subjek

Contoh noun clause sebagai subjek adalah “What he said was true” yang artinya “apa yang dia katakan benar”. Pada kalimat tersebut, noun clause “what he said” berfungsi sebagai subjek. Klausa nominal ini menggantikan kata benda seperti “the truth” atau “his statement”.

Contoh Noun Clause sebagai Objek

Contoh noun clause sebagai objek adalah “I know where she lives” yang artinya “saya tahu di mana dia tinggal”. Pada kalimat tersebut, noun clause “where she lives” berfungsi sebagai objek. Klausa nominal ini menggantikan kata benda seperti “her address” atau “her location”.

Contoh Noun Clause sebagai Pelengkap

Contoh noun clause sebagai pelengkap adalah “My wish is that you will come to my party” yang artinya “keinginan saya adalah kamu datang ke pesta saya”. Pada kalimat tersebut, noun clause “that you will come to my party” berfungsi sebagai pelengkap. Klausa nominal ini menyatakan keinginan atau harapan.

Kombinasi Noun Clause dengan Kata Depan

Noun clause juga dapat dikombinasikan dengan kata depan seperti “of”, “to”, “for”, “with”, dan lain-lain. Contoh kalimat yang menggunakan kombinasi noun clause dengan kata depan adalah “The idea of what she said was interesting” yang artinya “ide dari apa yang dia katakan menarik”.

Contoh Kalimat dengan Noun Clause

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan noun clause:- “I don’t know where he went” yang artinya “saya tidak tahu ke mana dia pergi”.- “She asked me what my name is” yang artinya “dia bertanya apa nama saya”.- “I wonder why he didn’t come” yang artinya “saya penasaran mengapa dia tidak datang”.- “He told me how to solve the problem” yang artinya “dia memberi tahu saya cara menyelesaikan masalah”.- “I’m not sure when the meeting will be held” yang artinya “saya tidak yakin kapan pertemuan akan diadakan”.

Kesimpulan

Noun clause merupakan klausa yang berfungsi sebagai kata benda dalam sebuah kalimat. Klausa ini biasanya diawali dengan kata tanya seperti who, what, where, when, why, dan how. Noun clause dapat berfungsi sebagai subjek, objek, atau pelengkap dalam kalimat. Dalam bahasa Indonesia, noun clause disebut dengan klausa nominal.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Noun Clause: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Indonesia