Hal yang Membatalkan Wudhu

Hello, Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang hal yang membatalkan wudhu. Sebelumnya, mari kita ulas terlebih dahulu mengenai apa itu wudhu. Wudhu adalah sebuah ibadah yang dilakukan umat muslim dengan cara membersihkan diri sebelum melaksanakan shalat. Wudhu sendiri memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sah. Salah satunya adalah tidak terkena hal-hal yang membatalkannya. Lalu, apa saja hal yang membatalkan wudhu? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Keluarnya Air Kencing dan Feses

Wudhu akan batal jika keluar air kencing dan feses dari tubuh. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan wudhu, pastikan dulu bahwa tubuh sudah bersih dari kotoran tersebut. Apabila keluar saat sedang berwudhu, maka wudhu harus diulang kembali.

2. Keluarnya Darah

Keluarnya darah dari tubuh juga dapat membatalkan wudhu. Hal ini bisa terjadi karena luka atau menstruasi bagi wanita. Apabila darah keluar dalam jumlah sedikit, maka wudhu masih sah. Namun, jika keluar dalam jumlah banyak, maka wudhu harus diulang kembali.

3. Tidur dengan Nyenyak

Apabila seseorang tidur dengan nyenyak, maka wudhu yang sebelumnya dilakukan akan batal. Namun, jika seseorang hanya tertidur sebentar dan masih bisa mendengar suara sekitar, maka wudhu masih sah.

4. Hilangnya Akal

Wudhu juga akan batal apabila seseorang kehilangan akalnya. Misalnya, karena mabuk atau pingsan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan berwudhu saat dalam keadaan mabuk atau tidak sadar karena hal ini dapat membatalkan wudhu.

5. Menyentuh Kemaluan

Menyentuh kemaluan, baik itu yang dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan, dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyentuh kemaluan saat sedang berwudhu.

6. Menyentuh Bagian Tubuh yang Tidak Dapat Dilihat

Menyentuh bagian tubuh yang tidak dapat dilihat, seperti ketiak atau bokong, juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari menyentuh bagian tubuh tersebut saat sedang berwudhu.

7. Istihadhah

Istihadhah adalah sejenis haid atau menstruasi yang berbeda dengan haid yang sebenarnya. Apabila seorang wanita mengalami istihadhah, maka wudhu akan batal. Oleh karena itu, sebaiknya jangan berwudhu saat mengalami istihadhah.

8. Mengeluarkan Cairan yang Bukan Air

Mengeluarkan cairan selain air, seperti ludah atau muntahan, juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari mengeluarkan cairan tersebut saat sedang berwudhu.

9. Mengeluarkan Air Mata dalam Jumlah Banyak

Mengeluarkan air mata dalam jumlah banyak juga dapat membatalkan wudhu. Namun, jika hanya sedikit saja, maka wudhu masih sah.

10. Menyentuh Binatang yang Bernyawa

Menyentuh binatang yang bernyawa, seperti anjing atau kucing, dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari menyentuh binatang tersebut saat sedang berwudhu.

11. Menyentuh Barang Najis

Menyentuh barang yang najis, seperti kotoran atau urine, juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyentuh barang tersebut saat sedang berwudhu.

12. Memakai Parfum yang Mengandung Alkohol

Memakai parfum yang mengandung alkohol juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, sebaiknya pakailah parfum yang halal dan tidak mengandung alkohol saat sedang berwudhu.

13. Menyentuh Tulang Rusuk yang Terlihat

Menyentuh tulang rusuk yang terlihat juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari menyentuh bagian tubuh tersebut saat sedang berwudhu.

14. Berbicara dengan Kata-kata yang Tidak Pantas

Berbicara dengan kata-kata yang tidak pantas juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, sebaiknya selalu berbicara dengan kata-kata yang sopan dan baik saat sedang berwudhu.

15. Memandang Aurat

Memandang aurat, baik itu milik diri sendiri maupun orang lain, juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari memandang aurat saat sedang berwudhu.

16. Menyentuh Wanita yang Bukan Mahram

Menyentuh wanita yang bukan mahram, baik itu dengan sengaja maupun tidak sengaja, juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari menyentuh wanita tersebut saat sedang berwudhu.

17. Menyentuh Bagian Tubuh yang Tidak Dapat Dibasuh

Menyentuh bagian tubuh yang tidak dapat dibasuh, seperti rambut atau kuku, juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari menyentuh bagian tubuh tersebut saat sedang berwudhu.

18. Berhubungan Intim

Berhubungan intim juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah hubungan intim setelah selesai berwudhu.

19. Bermain-main dengan Kemaluan

Bermain-main dengan kemaluan juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari bermain-main dengan kemaluan saat sedang berwudhu.

20. Menyentuh Bagian Tubuh yang Basah karena Air yang Mengalir

Menyentuh bagian tubuh yang basah karena air yang mengalir, seperti saat sedang mandi atau berenang, juga dapat membatalkan wudhu. Oleh karena itu, hindari menyentuh bagian tubuh tersebut saat sedang berwudhu.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa hal yang dapat membatalkan wudhu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Ingatlah selalu untuk selalu menjaga kebersihan diri dan memenuhi syarat-syarat wudhu agar ibadah shalat kita menjadi sah. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Hal yang Membatalkan Wudhu