Tata Cara Sholat Istikhoroh

Hello Sobat Teknohits! Apakah kalian pernah mendengar tentang sholat istikhoroh? Sholat istikhoroh adalah sholat sunnah yang dilakukan ketika kita ingin meminta petunjuk dari Allah SWT dalam mengambil suatu keputusan. Pada artikel ini, kita akan membahas tata cara sholat istikhoroh dengan santai dan mudah dipahami.

Persiapan Sebelum Sholat Istikhoroh

Sebelum melaksanakan sholat istikhoroh, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, kita harus membersihkan diri dengan wudhu atau mandi junub. Kedua, kita harus memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat istikhoroh, yaitu pada malam hari setelah sholat Isya’ hingga menjelang sholat Subuh.

Tata Cara Sholat Istikhoroh

Berikut ini tata cara sholat istikhoroh:

  1. Baca niat sholat istikhoroh di dalam hati.
  2. Sholat dua rakaat dengan niat sholat istikhoroh.
  3. Pada rakaat pertama, setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surah Al-Kafirun.
  4. Pada rakaat kedua, setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surah Al-Ikhlas.
  5. Setelah selesai sholat, bacalah doa istikhoroh dalam hati dengan penuh keyakinan.

Doa Istikhoroh

Berikut ini doa istikhoroh yang dapat dibaca setelah melaksanakan sholat istikhoroh:

“Allahumma inni astakhiruka bi ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as’aluka min fadlika al-‘azhim, fa innaka taqdiru wa la aqdiru, wa ta’lamu wa la a’lamu, wa anta ‘allamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadha al-amra (sebutkan keputusan yang akan diambil) khairun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri, faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadha al-amra sharrun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri, fasrifhu anni wa srifni anhu waqdir li al-khaira haithu kana thumma ardhini bihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, dan aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon karunia kepada-Mu yang besar. Sesungguhnya Engkau maha kuasa dan aku tidak mampu, Engkau maha mengetahui dan aku tidak mengetahui, dan Engkau maha mengetahui segala yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebutkan keputusan yang akan diambil) baik untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka takdirkanlah untukku, mudahkanlah bagiku, dan berilah berkah kepadaku. Dan jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini buruk untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka jauhkanlah dariku, jauhkanlah aku darinya, dan takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja, kemudian jadikan aku ridha dengan takdir-Mu.”

Kesimpulan

Demikianlah tata cara sholat istikhoroh yang mudah dipahami dan dilaksanakan. Ingatlah bahwa sholat istikhoroh adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Ketika kita merasa bimbang dalam mengambil suatu keputusan, jangan ragu untuk melaksanakan sholat istikhoroh dan memohon petunjuk kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Tata Cara Sholat Istikhoroh