Doa Setelah Membaca Alquran

Assalamu’alaikum Sobat Teknohits!

Setiap muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan Alquran, kitab suci umat Islam yang berisi petunjuk hidup yang harus diikuti oleh setiap orang. Membaca Alquran merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Namun, tidak hanya membaca Alquran yang penting, namun juga doa setelah membaca Alquran. Di dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai doa setelah membaca Alquran yang sangat penting bagi kita sebagai seorang muslim.

Sebelum membahas mengenai doa setelah membaca Alquran, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai keutamaan membaca Alquran. Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya Alquran akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (H.R. Muslim). Dari hadist tersebut, kita bisa mengetahui bahwa membaca Alquran sangat penting bagi kehidupan kita di dunia maupun di akhirat.

Setelah membaca Alquran, kita harus mengucapkan doa setelah membaca Alquran. Hal ini dilakukan agar kita bisa mendapatkan pahala yang lebih besar dan diampuni segala dosa yang telah kita perbuat. Berikut adalah doa setelah membaca Alquran:

1. “Allahumma a’inni ‘ala dhikrika, wa syukrika, wa husni ‘ibadatika.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, tolonglah aku untuk senantiasa mengingat-Mu, mensyukuri-Mu, dan beribadah dengan sebaik-baiknya kepada-Mu.”

2. “Allahumma aj`alhu lana imaman wa nuran wa huda wa rahmatan.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, jadikanlah Alquran sebagai imam, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagi kami.”

3. “Allahumma thabbit qulubana ‘ala dinik.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, teguhkanlah hati kami dalam agama-Mu.”

4. “Allahumma inna nas’aluka fahmal-nabiyyen wa hifzal mursaleen al-muqarrabeen.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu pemahaman seperti para nabi dan penjagaan seperti para malaikat yang dekat kepada-Mu.”

5. “Allahumma ahyina ‘ala sunnati nabiyyika wa tawaffana ‘ala millatihi wa tawassalna bihi ilaika.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, hidupkanlah kami sesuai dengan sunnah Nabi-Mu, panggil kami kembali kepada-Mu dalam keadaan yang lurus seperti agama yang dianut oleh Nabi-Mu, dan jadikanlah kami bergantung kepada-Nya dalam segala urusan.”

6. “Subhanaka Allahumma wa bihamdika, asyhadu anna la ilaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilaika.”

Doa ini memiliki arti, “Mahasuci Engkau Ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

7. “Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alayya wa abu’u bidzambi, faghfirli fa innahu la yaghfirudz-dhunuba illa anta.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, aku berada dalam perjanjian dan janji-Mu sejauh mana aku mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu yang dianugerahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

8. “Allahumma inni a’udzubika min ‘adzabil-qabr, wa min ‘adzabi jahannama, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah kehidupan dan kematian, dan kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.”

9. “Allahumma ajirni minan nar.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka.”

10. “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan Engkau menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.”

Itulah beberapa doa setelah membaca Alquran yang sangat penting untuk kita ucapkan. Dengan mengucapkan doa tersebut setelah membaca Alquran, kita akan mendapatkan pahala yang lebih besar dan diampuni segala dosa yang telah kita perbuat.

Kesimpulan

Membaca Alquran dan mengucapkan doa setelah membaca Alquran merupakan ibadah yang sangat penting bagi kita sebagai seorang muslim. Dengan membaca Alquran dan mengucapkan doa setelah membaca Alquran, kita bisa mendapatkan pahala yang lebih besar dan diampuni segala dosa yang telah kita perbuat. Oleh karena itu, mari kita rajin membaca Alquran dan mengucapkan doa setelah membaca Alquran. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kemampuan untuk selalu mengingat-Nya, mensyukuri-Nya, dan beribadah dengan sebaik-baiknya kepada-Nya.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Doa Setelah Membaca Alquran