Makanan Khas Sumatera Selatan

Hello Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Sumatera Selatan yang wajib kamu coba jika berkunjung ke provinsi ini. Sumatera Selatan terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner yang luar biasa. Berikut adalah beberapa makanan khas Sumatera Selatan yang harus kamu coba!

Pempek Palembang

Makanan khas Palembang yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Pempek Palembang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan bahan-bahan lainnya yang kemudian di goreng. Pempek Palembang biasanya disajikan dengan kuah cuka yang pedas. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat pempek Palembang menjadi makanan favorit di Sumatera Selatan.

Laksa Palembang

Laksa Palembang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan kuah santan, ikan, dan rempah-rempah khas Palembang. Laksa Palembang memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas.

Emping Belinjo

Emping belinjo merupakan camilan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari biji belinjo yang diiris tipis dan kemudian dikeringkan. Emping belinjo biasanya disajikan sebagai camilan atau sebagai pelengkap makanan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat emping belinjo menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Ikan patin yang empuk dan kuah gulai yang gurih membuat makanan ini menjadi favorit di Sumatera Selatan. Gulai ikan patin biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Nasi Minyak

Nasi minyak merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari beras yang dimasak dengan minyak dan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Nasi minyak disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, rendang, dan sambal yang pedas. Rasanya yang gurih dan harum membuat nasi minyak menjadi makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Sate Padang

Sate Padang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusuk dengan bambu. Sate Padang disajikan dengan kuah kacang yang pedas dan bumbu rempah-rempah khas Padang. Sate Padang biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Mie Celor Palembang

Mie celor Palembang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah santan, telur, dan udang. Mie celor Palembang memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas. Mie celor Palembang biasanya disajikan dengan kerupuk udang dan irisan daun bawang.

Pindang Patin

Pindang patin merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Pindang patin disajikan dengan kuah yang gurih dan pedas. Rasanya yang nikmat membuat pindang patin menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Rendang Daging

Rendang daging merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Rendang daging memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas. Rendang daging biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Martabak Har

Martabak har merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari telur, daging, dan sayuran yang dibungkus dengan kulit martabak dan kemudian digoreng. Martabak har biasanya disajikan dengan kuah kacang yang pedas. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat martabak har menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Gulai Kambing

Gulai kambing merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Gulai kambing memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas. Gulai kambing biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari durian yang diaduk dengan bumbu rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Sambal tempoyak biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan seperti ayam goreng atau ikan bakar. Rasanya yang pedas dan sedikit asam membuat sambal tempoyak menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Sate Lilit Palembang

Sate lilit Palembang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan kemudian ditusuk dengan bambu. Sate lilit Palembang biasanya disajikan dengan kuah kacang yang pedas. Rasanya yang nikmat membuat sate lilit Palembang menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Pindang Tulang Palembang

Pindang tulang Palembang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari tulang sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Pindang tulang Palembang disajikan dengan kuah yang gurih dan pedas. Rasanya yang nikmat membuat pindang tulang Palembang menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Sate Padang Pariaman

Sate Padang Pariaman merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusuk dengan bambu. Sate Padang Pariaman disajikan dengan kuah kacang yang pedas dan bumbu rempah-rempah khas Padang. Sate Padang Pariaman biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Gulai Kepala Ikan

Gulai kepala ikan merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Gulai kepala ikan memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas. Gulai kepala ikan biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Sate Telur Puyuh

Sate telur puyuh merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari telur puyuh yang dibalut dengan daging sapi cincang dan kemudian ditusuk dengan bambu. Sate telur puyuh biasanya disajikan dengan kuah kacang yang pedas. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat sate telur puyuh menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Pempek Model

Pempek model merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan bahan-bahan lainnya yang kemudian di goreng. Pempek model memiliki bentuk yang unik seperti bola-bola kecil dan biasanya disajikan dengan kuah cuka yang pedas. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat pempek model menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Pindang Daging Palembang

Pindang daging Palembang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Pindang daging Palembang disajikan dengan kuah yang gurih dan pedas. Rasanya yang nikmat membuat pindang daging Palembang menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan.

Ikan Bakar

Ikan bakar merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan yang dibakar dengan bumbu rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Ikan bakar memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas. Ikan bakar biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Sumatera Selatan yang harus kamu coba jika berkunjung ke provinsi ini. Semua makanan tersebut memiliki rasa yang khas dan nikmat sehingga wajib untuk dicoba. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Makanan Khas Sumatera Selatan