Contoh Hewan Ovovivipar: Jenis-Jenis dan Ciri-Cirinya

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang contoh hewan ovovivipar. Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu hewan ovovivipar.

Pengertian Hewan Ovovivipar

Hewan ovovivipar adalah hewan yang menghasilkan telur yang menetas di dalam tubuh induknya, sehingga bayi hewan tersebut dilahirkan dalam keadaan hidup. Proses ini berbeda dengan hewan ovipar yang menghasilkan telur yang harus menetas di luar tubuh induknya.

Jenis-Jenis Hewan Ovovivipar

Berikut adalah beberapa contoh hewan ovovivipar:

1. Ular Piton

Ular piton adalah hewan ovovivipar yang betina menghasilkan telur di dalam tubuhnya. Setelah telur menetas, anak ular piton akan keluar dari tubuh betina.

2. Ikan Hiu

Ikan hiu juga merupakan hewan ovovivipar. Telur ikan hiu menetas di dalam tubuh induknya dan anak hiu akan keluar dalam keadaan hidup.

3. Katak

Katak juga termasuk ke dalam hewan ovovivipar. Telur katak menetas di dalam tubuh induknya dan anak katak akan keluar dalam keadaan lengkap.

Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar

Berikut adalah beberapa ciri-ciri hewan ovovivipar:

1. Telur Menetas di Dalam Tubuh Induk

Hewan ovovivipar menghasilkan telur yang menetas di dalam tubuh induknya, sehingga bayi hewan tersebut dilahirkan dalam keadaan hidup.

2. Bayi Hewan Lahir Dalam Keadaan Hidup

Bayi hewan ovovivipar dilahirkan dalam keadaan hidup, sehingga tidak membutuhkan waktu untuk menetas seperti hewan ovipar.

3. Induk Hewan Tidak Merawat Anaknya Setelah Dilahirkan

Seperti hewan ovipar, induk hewan ovovivipar juga tidak merawat anaknya setelah dilahirkan. Anak hewan harus mencari makanan dan tempat tinggal sendiri.

Kesimpulan

Hewan ovovivipar adalah hewan yang menghasilkan telur yang menetas di dalam tubuh induknya, sehingga bayi hewan tersebut dilahirkan dalam keadaan hidup. Beberapa contoh hewan ovovivipar antara lain ular piton, ikan hiu, dan katak. Ciri-ciri hewan ovovivipar meliputi telur menetas di dalam tubuh induk, bayi hewan lahir dalam keadaan hidup, dan induk hewan tidak merawat anaknya setelah dilahirkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Teknohits yang ingin mengetahui lebih banyak tentang hewan ovovivipar. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Contoh Hewan Ovovivipar: Jenis-Jenis dan Ciri-Cirinya