Sholat Subuh Berapa Rakaat?

Assalamu’alaikum Sobat Teknohits!

Sholat subuh merupakan salah satu sholat wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim. Sholat subuh sendiri memiliki keutamaan yang sangat besar, seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

“Barangsiapa yang sholat subuh dalam berjamaah, maka dia berada dalam perlindungan Allah hingga petang hari. Dan barangsiapa yang sholat subuh dan isya’ dalam berjamaah, maka dia berada dalam perlindungan Allah dan akan masuk surga.” (HR. Muslim)

Sholat subuh juga memiliki rakaat yang berbeda dengan sholat wajib lainnya. Lalu, berapa rakaat yang harus dilakukan saat sholat subuh? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Berapa Rakaat Sholat Subuh?

Sholat subuh terdiri dari dua rakaat sunnah dan dua rakaat wajib. Rakaat sunnah dilakukan sebelum sholat wajib, sedangkan rakaat wajib dilakukan setelah sholat sunnah.

Rakaat sunnah pada sholat subuh dapat dilakukan sebanyak dua rakaat atau empat rakaat. Namun, lebih dianjurkan untuk melakukan dua rakaat sunnah sebelum sholat subuh.

Setelah selesai melakukan dua rakaat sunnah, kita dapat melanjutkan dengan dua rakaat wajib. Rakaat wajib pada sholat subuh sama dengan rakaat wajib pada sholat zuhur, ashar, maghrib, dan isya’, yaitu dua rakaat.

Jadi, kesimpulannya, sholat subuh terdiri dari empat rakaat, dua rakaat sunnah dan dua rakaat wajib.

Keutamaan Sholat Subuh

Sebelum menutup artikel ini, mari kita ulas kembali keutamaan sholat subuh. Sholat subuh merupakan sholat yang dilakukan di waktu yang paling awal di antara sholat wajib lainnya. Oleh karena itu, sholat subuh menjadi sholat yang paling sulit untuk dilakukan.

Namun, jika kita berhasil melaksanakan sholat subuh dengan rutin, maka kita akan mendapatkan banyak keutamaan. Selain mendapatkan perlindungan Allah, kita juga akan mendapatkan keberkahan dalam hidup kita.

Sebagai contoh, banyak ulama yang berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya karena mereka selalu melaksanakan sholat subuh dengan rutin. Mereka menganggap sholat subuh sebagai awal dari kesuksesan hidup mereka.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Sholat Subuh Berapa Rakaat?