Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya

1. Gamelan

Hello Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas tentang gambar alat musik tradisional beserta namanya. Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia.

Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis seperti gong, kendang, saron, bonang, dan masih banyak lagi. Gamelan biasanya dimainkan dalam acara tradisional seperti upacara adat atau pesta rakyat.

2. Angklung

Selanjutnya ada angklung, alat musik tradisional yang berasal dari Sunda. Angklung terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Ada beberapa jenis angklung seperti angklung gubrag, angklung buncis, dan angklung caruk.

Angklung sering dimainkan dalam acara keagamaan atau sebagai hiburan di acara-acara tertentu.

3. Kolintang

Alat musik tradisional berikutnya adalah kolintang. Alat musik ini berasal dari Sulawesi dan terdiri dari beberapa jenis seperti alos, kilitan, dan tambun.

Kolintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan sering dimainkan dalam acara-acara tradisional di Sulawesi.

4. Kecapi

Alat musik tradisional yang satu ini berasal dari Jawa Barat. Kecapi terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan.

Kecapi sering dimainkan dalam acara-acara tertentu seperti upacara adat atau hiburan rakyat.

5. Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional khas dari Pulau Rote. Alat musik ini terbuat dari daun lontar dan dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan.

Sasando sering dimainkan dalam acara adat di Pulau Rote dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

6. Talempong

Talempong merupakan alat musik tradisional dari Minangkabau. Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis seperti talempong batu, talempong kayu, dan talempong ubi.

Talempong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan sering dimainkan dalam acara-acara adat di Minangkabau.

7. Saluang

Alat musik tradisional selanjutnya adalah saluang, alat musik yang berasal dari Minangkabau. Saluang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup.

Saluang sering dimainkan dalam acara-acara tradisional seperti pernikahan atau hajatan.

8. Gong Ageng

Gong Ageng merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Alat musik ini terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik.

Gong Ageng sering dimainkan dalam acara-acara adat seperti upacara perkawinan atau hajatan.

9. Rebana

Rebana merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Timur Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.

Rebana sering dimainkan dalam acara-acara keagamaan seperti pengajian atau sholawat.

10. Kompang

Alat musik tradisional terakhir yang akan kita bahas adalah kompang. Kompang berasal dari Malaysia dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.

Kompang sering dimainkan dalam acara-acara keagamaan seperti pernikahan atau pengajian.

Kesimpulan

Itulah beberapa gambar alat musik tradisional beserta namanya. Alat musik tradisional ini merupakan warisan budaya yang harus kita lestarikan. Selain itu, mempelajari alat musik tradisional juga bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya Sobat Teknohits!

Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya