Kata Kata Sunda Sindiran Pedas

Mengenal Lebih Dekat dengan Kata Kata Sunda Sindiran Pedas

Hello Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas tentang kata kata Sunda sindiran pedas. Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan kata sindiran. Sindiran adalah ujaran yang berisi kritikan yang tersembunyi dalam kata-kata yang halus dan tidak langsung. Namun, apakah anda tahu bahwa bahasa Sunda juga memiliki sindiran pedas yang bisa membuat orang terkejut?Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang kaya akan kata-kata sindiran pedas. Sindiran pedas biasanya digunakan untuk mengkritik seseorang dengan cara yang halus dan tidak kasar. Kata-kata sindiran pedas ini biasanya digunakan untuk menyindir seseorang yang dianggap tidak sopan atau kurang ajar. Berikut ini adalah beberapa contoh kata kata sindiran pedas dalam bahasa Sunda.

Contoh Kata Kata Sunda Sindiran Pedas

1. “Kapungkur teu ditembok, janten kana beubeut.” Artinya, orang yang sering bicara kasar dan tidak sopan tidak akan dihargai oleh orang lain.2. “Ceurik naon ucing, hirup naon cincin.” Artinya, lebih baik tidak memiliki harta atau kekayaan tetapi memiliki sikap yang baik dan sopan.3. “Matak jangjangna bade kembang.” Artinya, orang yang sombong dan merasa lebih dari orang lain akan segera jatuh.4. “Kudu ngarasa keur ka mimiti, baru ngadengekeun.” Artinya, sebaiknya mendengarkan dan memahami dulu sebelum mengeluarkan pendapat.5. “Mimiti naon, usumna piceun.” Artinya, hal yang baik dimulai dengan niat yang baik pula.6. “Kuring ngan saukur bari, nu di kuring sakabehna.” Artinya, saya tidak meminta bantuan kepada siapa pun karena saya bisa melakukan semuanya sendiri.7. “Silih terus jeung silih tara, ngajantenkeun jadi merdika.” Artinya, saling membantu dan saling menghargai akan menciptakan kebersamaan yang harmonis.8. “Loba loba nganggo baju, teu ngarti budaya.” Artinya, orang yang banyak berdandan tetapi tidak memahami budaya akan terlihat konyol.9. “Hirup kaayaan, aya muka teu aya ayaan.” Artinya, memiliki kekayaan tetapi tidak memiliki wajah yang sopan akan membuat orang tidak dihormati.10. “Teh bade kasar, bade dibalikkeun.” Artinya, orang yang suka bicara kasar akan kena balik.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa contoh kata-kata sindiran pedas dalam bahasa Sunda. Meskipun terlihat halus dan sopan, namun sindiran pedas ini bisa membuat orang merasa tersinggung. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu berbicara dengan sopan dan menghindari kata-kata kasar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits semua. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Kata Kata Sunda Sindiran Pedas