Surat An Naba 1-40: Membaca Surat Penuh Makna

Kenalan dengan Surat An Naba

Hello Sobat Teknohits! Kali ini, mari kita berkenalan dengan Surat An Naba. Surat yang termasuk dalam kelompok surat Makkiyah ini memiliki arti yang sangat dalam bagi umat Muslim. An Naba sendiri memiliki arti berita besar atau kabar penting. Surat ini berisi tentang keesaan Allah, kebangkitan sesudah mati, dan sejumlah peringatan lainnya.

Isi Surat An Naba 1-10

Pada ayat pertama, Surat An Naba membuka dengan pengantar yang mengisyaratkan akan adanya berita penting. Ayat kedua hingga ketujuh membahas tentang kebesaran Allah dan ciptaan-Nya yang luar biasa. Allah menciptakan langit dan bintang-bintang yang indah serta bumi yang subur. Di ayat kedelapan, Allah menegaskan bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Pemurah.

Isi Surat An Naba 11-20

Ayat kesebelas hingga keempat belas mengingatkan manusia tentang kehidupan setelah mati. Manusia akan dihisab atas segala perbuatannya di dunia, baik buruk maupun baik. Di ayat kelima belas, Allah menegaskan bahwa manusia tidak dapat melarikan diri dari kekuasaan-Nya.

Isi Surat An Naba 21-30

Pada ayat kedua puluh satu hingga ayat ke dua puluh lima, Allah menegaskan bahwa semua manusia akan merasakan kebangkitan dan pengadilan di hadapan-Nya. Manusia akan diadili atas segala perbuatannya di dunia. Pada ayat ke dua puluh enam hingga ayat ke tiga puluh, Allah menegaskan bahwa neraka merupakan tempat bagi orang-orang yang durhaka dan berbuat maksiat.

Isi Surat An Naba 31-40

Surat An Naba ditutup dengan pengingat bagi manusia untuk senantiasa berdzikir dan beribadah kepada Allah. Ayat ke tiga puluh satu hingga ayat ke tiga puluh lima menegaskan bahwa Allah-lah Tuhan yang Maha Pencipta dan Maha Pengatur. Di ayat ke tiga puluh enam hingga ayat ke empat puluh, Allah menegaskan bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk bagi manusia yang ingin hidup di jalan yang benar.

Kesimpulan

Surat An Naba merupakan surat yang penuh dengan makna. Surat ini mengingatkan manusia tentang kebesaran Allah dan kebangkitan sesudah mati. Surat An Naba juga menegaskan bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk bagi manusia yang ingin hidup di jalan yang benar. Oleh karena itu, mari kita senantiasa berdzikir dan beribadah kepada Allah agar kita selalu dalam lindungan-Nya.Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Surat An Naba 1-40: Membaca Surat Penuh Makna