Islam Ada Berapa?

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits! Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang jumlah agama Islam yang ada di dunia? Mungkin kamu sudah tahu bahwa Islam adalah agama monotheistik yang berdasarkan pada ajaran Al-Quran. Namun, apakah kamu tahu berapa jumlah cabang atau aliran Islam yang ada di dunia ini? Baca terus artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Islam Sunni

Islam Sunni adalah aliran Islam yang paling banyak dianut di seluruh dunia. Sunni berarti “jalan” atau “cara” dalam bahasa Arab. Aliran ini mengikuti ajaran Nabi Muhammad dan para sahabatnya, serta menerapkan keputusan-keputusan yang telah disepakati oleh mayoritas ulama Islam. Sunni dianut oleh sekitar 85% hingga 90% umat Islam di seluruh dunia.

Islam Syiah

Islam Syiah adalah aliran Islam yang memiliki pengikut di Iran, Irak, Bahrain, dan beberapa negara lainnya. Syiah berasal dari kata “syi’ah Ali” yang berarti “pengikut Ali”. Ali adalah sepupu dan menantu Nabi Muhammad yang dianggap sebagai pemimpin yang sah oleh kelompok Syiah. Syiah mempercayai bahwa pemimpin Islam harus dipilih dari keturunan Ali dan Fatimah, putri Nabi Muhammad. Syiah dianut oleh sekitar 10% hingga 15% umat Islam di seluruh dunia.

Islam Ahmadiyah

Islam Ahmadiyah adalah aliran Islam yang didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad pada abad ke-19 di India. Ahmad mempercayai bahwa dirinya adalah nabi kedua dan pengikutnya harus mengikuti ajarannya. Namun, pandangan ini tidak diterima oleh mayoritas ulama Islam yang menganggapnya sebagai bid’ah atau kesesatan. Islam Ahmadiyah dianut oleh sekitar 10 hingga 20 juta orang di seluruh dunia.

Islam Khawarij

Islam Khawarij adalah aliran Islam yang muncul pada masa awal Islam. Mereka memisahkan diri dari umat Islam karena merasa tidak puas dengan keputusan-keputusan yang diambil oleh para sahabat Nabi Muhammad. Khawarij mempercayai bahwa hanya mereka yang benar-benar mengikuti ajaran Islam yang dapat dikatakan sebagai umat Islam yang sejati. Namun, pandangan ini tidak diterima oleh mayoritas ulama Islam. Saat ini, jumlah pengikut Islam Khawarij sulit untuk diukur secara pasti.

Islam Wahabi

Islam Wahabi adalah aliran Islam yang muncul di Arabia pada abad ke-18. Aliran ini didirikan oleh Muhammad ibn Abd al-Wahhab dan mempromosikan kebangkitan Islam yang konservatif. Mereka mempercayai bahwa hanya ajaran Islam yang murni yang dapat diikuti oleh umat Islam. Islam Wahabi dianut oleh sekitar 2 hingga 3 juta orang di seluruh dunia.

Islam lainnya

Selain kelima aliran Islam di atas, masih ada beberapa aliran lainnya yang diakui oleh umat Islam. Di antaranya adalah Islam Sufi, Islam Ahmadi, Islam Alevi, Islam Ibadi, dan lain sebagainya. Namun, jumlah pengikut aliran-aliran ini cukup sedikit dan sulit diukur secara pasti.

Kesimpulan

Jadi, berapa jumlah aliran Islam yang ada di dunia? Meskipun sulit untuk diukur secara pasti, namun dapat disimpulkan bahwa terdapat lima aliran Islam utama yang diakui oleh mayoritas umat Islam di dunia. Yaitu Islam Sunni, Islam Syiah, Islam Ahmadiyah, Islam Khawarij, dan Islam Wahabi. Masing-masing aliran memiliki ajaran dan pandangan yang berbeda-beda. Namun, semua aliran tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperkuat iman dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Teknohits!

Islam Ada Berapa?