Rujak Cingur Berasal dari Jawa Timur

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Jawa Timur, yaitu rujak cingur. Rujak cingur adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di Jawa Timur dan bahkan sudah menjadi ikon kuliner dari daerah tersebut. Bagi yang belum tahu, cingur adalah bagian hidung sapi yang sudah direbus dan dipotong-potong, sedangkan rujak adalah campuran dari sayuran dan buah-buahan yang dipadukan dengan bumbu kacang yang gurih.

Sejarah Rujak Cingur

Secara historis, rujak cingur pertama kali ditemukan di Surabaya pada zaman penjajahan Belanda. Makanan ini awalnya hanya dimakan oleh para pekerja pabrik dan pedagang, namun seiring berjalannya waktu, rujak cingur semakin populer dan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Jawa Timur. Bahkan, kini rujak cingur sudah menjadi makanan yang banyak dicari di berbagai daerah di Indonesia.

Bahan-Bahan Rujak Cingur

Untuk membuat rujak cingur, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain sayuran seperti kacang panjang, tauge, timun, dan kol. Sedangkan buah-buahan yang digunakan adalah mangga muda, kedondong, dan nanas. Tidak lupa, cingur yang sudah dipotong-potong juga harus disiapkan. Untuk bumbu kacangnya, terdiri dari kacang tanah, cabe rawit, gula merah, garam, air asam, dan petis udang. Semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampur menjadi satu.

Cara Membuat Rujak Cingur

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat rujak cingur. Pertama, sayuran dan buah-buahan dicuci bersih dan dipotong-potong. Kemudian, cingur direbus hingga empuk dan dipotong-potong. Setelah itu, semua bahan dicampur dalam satu wadah dan diberi bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan siap disajikan.

Cara Menikmati Rujak Cingur

Rujak cingur biasanya disajikan dengan lontong atau ketupat yang dipotong-potong, kemudian diberi bumbu kacang di atasnya. Selain itu, ada juga yang menyajikan rujak cingur dengan tambahan kerupuk atau emping. Rasanya yang manis, pedas, dan gurih membuat rujak cingur sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan.

Tempat Makan Rujak Cingur Terkenal di Jawa Timur

Bagi Sobat Teknohits yang ingin mencoba rujak cingur khas Jawa Timur, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi, di antaranya:

  • Warung Bu Kris di Surabaya
  • Rujak Cingur Pak Gendut di Surabaya
  • Rujak Cingur Wong Solo di Malang
  • Rujak Cingur Uleg di Sidoarjo

Keunikan Rujak Cingur

Keunikan dari rujak cingur adalah pada bagian cingurnya. Cingur yang empuk dan gurih sangat cocok dipadukan dengan bumbu kacang yang pedas dan manis. Selain itu, campuran sayur dan buah-buahan yang segar membuat rujak cingur menjadi makanan yang sehat dan lezat.

Kesimpulan

Rujak cingur adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat populer dan sudah menjadi ikon kuliner daerah tersebut. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, rujak cingur bisa dibuat sendiri di rumah atau dicicipi di berbagai tempat makan terkenal di Jawa Timur. Rasanya yang manis, pedas, dan gurih membuat rujak cingur sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan. Jadi, jangan lupa mencoba rujak cingur saat berkunjung ke Jawa Timur, ya!

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Rujak Cingur Berasal dari Jawa Timur