Bartholomeus Diaz: Eksplorator Portugis yang Menemukan Tanjung Harapan

Siapa Bartholomeus Diaz?

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang seorang eksplorator Portugis bernama Bartholomeus Diaz. Diaz lahir pada tahun 1451 di Algarve, Portugal dan dikenal sebagai orang yang menemukan Tanjung Harapan pada tahun 1488.Diaz adalah seorang pria yang sangat berbakat di bidang navigasi dan penjelajahan. Ayahnya, Joao Diaz, juga merupakan seorang pelaut terkenal yang telah mengarungi perairan Samudera Atlantik.

Ekspedisi Bartholomeus Diaz ke Tanjung Harapan

Pada tahun 1487, Raja John II dari Portugal memerintahkan Diaz untuk mencari jalur laut ke Asia. Diaz memimpin sebuah ekspedisi yang terdiri dari tiga kapal ke arah selatan, melewati Tanjung Bojador dan Tanjung Verde.Setelah melewati Tanjung Verde, Diaz terus berlayar ke arah selatan. Namun, perjalanannya tidak mudah karena terkena badai yang menghantam kapalnya. Akhirnya, Diaz dan kru kapalnya memutuskan untuk berlabuh di sebuah pantai yang terletak di ujung selatan Afrika.Setelah melakukan perbaikan dan persiapan, Diaz melanjutkan perjalanan ke arah timur laut. Pada tanggal 3 Februari 1488, Diaz tiba di sebuah tanjung yang kemudian diberi nama Tanjung Harapan. Tanjung ini merupakan titik paling selatan Afrika dan menjadi bukti bahwa ada jalur laut yang bisa digunakan untuk mencapai Asia.

Pencapaian Bartholomeus Diaz

Diaz berhasil menyelesaikan misi yang diberikan oleh Raja John II dengan menemukan jalur laut ke Asia. Pencapaiannya ini menjadi tonggak sejarah bagi penjelajahan maritim Portugis dan menjadi awal dari era penjelajahan Eropa ke seluruh dunia.Namun, pencapaiannya ini tidak terlepas dari risiko dan rintangan yang dia hadapi selama perjalanannya. Diaz berhasil melewati badai dan menghadapi ombak besar yang mengancam keselamatan kapalnya. Namun, dia tetap bertahan dan melanjutkan perjalanannya hingga berhasil menemukan Tanjung Harapan.

Kesimpulan

Bartholomeus Diaz adalah seorang eksplorator Portugis yang berhasil menemukan jalur laut ke Asia melalui Tanjung Harapan. Pencapaiannya ini menjadi tonggak sejarah bagi penjelajahan maritim Portugis dan menjadi awal dari era penjelajahan Eropa ke seluruh dunia. Meskipun terdapat risiko dan rintangan selama perjalanannya, Diaz berhasil melewati semuanya dan mencapai tujuannya.Sekian artikel tentang Bartholomeus Diaz kali ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Bartholomeus Diaz: Eksplorator Portugis yang Menemukan Tanjung Harapan