Oogenesis Adalah

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang oogenesis. Mungkin bagi sebagian dari kita, istilah oogenesis masih terdengar asing. Namun, jika kamu tertarik dengan ilmu biologi, pasti sudah pernah mendengar istilah ini.

Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur atau ovum pada wanita. Sel telur dibentuk di dalam ovarium atau indung telur. Ovarium merupakan organ reproduksi wanita yang berpasangan dan terletak di bagian panggul.

Proses oogenesis dimulai sejak seorang wanita lahir dan terus berlangsung hingga mencapai masa menopause. Pada masa pubertas, ovarium mulai mengalami perkembangan dan memproduksi hormon estrogen yang menyebabkan pertumbuhan folikel ovarium.

Tahapan Oogenesis

Tahapan oogenesis terdiri dari beberapa fase. Pertama adalah fase proliferasi, di mana sel-sel germinal atau sel induk telur mulai berkembang dan membelah. Kemudian, sel-sel tersebut akan membentuk folikel ovarium atau kantung telur.

Folikel ovarium terdiri dari dua jenis, yaitu folikel primer dan folikel sekunder. Folikel primer terbentuk pada usia sekitar 12 tahun dan terus bertambah hingga mencapai usia 45 tahun. Setelah itu, folikel ovarium yang tersisa semakin sedikit hingga akhirnya memasuki masa menopause.

Folikel sekunder terbentuk setelah folikel primer melewati beberapa tahap perkembangan. Pada tahap ini, folikel ovarium mengalami pembelahan sel dan terbentuk kantung telur yang mengandung sel telur.

Pembuahan Sel Telur

Sel telur yang telah matang akan dilepaskan dari ovarium dan menuju tuba falopi atau saluran telur. Di sinilah sel telur akan bertemu dengan sperma yang berasal dari laki-laki.

Apabila sel telur berhasil dibuahi oleh sperma, maka akan terjadi pembuahan dan pembentukan zigot atau sel janin. Zigot kemudian akan terus berkembang dan membentuk embrio yang akan tumbuh menjadi bayi.

Kesimpulan

Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur pada wanita. Proses ini dimulai sejak lahir dan terus berlangsung hingga mencapai masa menopause. Tahapan oogenesis terdiri dari beberapa fase, yaitu fase proliferasi, pembentukan folikel ovarium, dan pembuahan sel telur. Sel telur yang telah matang akan dilepaskan dari ovarium dan menuju tuba falopi untuk bertemu dengan sperma. Jika sel telur berhasil dibuahi, maka akan terjadi pembuahan dan pembentukan zigot yang akan berkembang menjadi bayi.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Oogenesis Adalah