Doa Iftitah Allahumma Baid

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa iftitah allahumma baid. Doa iftitah merupakan doa yang dibaca saat kita memulai shalat. Doa iftitah memiliki makna yang sangat dalam dan penuh dengan harapan agar shalat kita diterima oleh Allah SWT.

Arti Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki arti pembukaan. Doa ini dibaca saat kita mulai shalat untuk mengawali ibadah dengan doa yang baik dan memohon kepada Allah SWT agar shalat kita diterima.

Keutamaan Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki keutamaan yang sangat besar. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa doa iftitah merupakan doa yang sangat penting dalam shalat. Doa ini juga bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam shalat kita.

Bacaan Doa Iftitah

Berikut adalah bacaan doa iftitah yang diucapkan saat kita memulai shalat:Allahumma ba’id baini wa baina khatayaya kama ba’adta baina al-mashriqi wa al-maghribi, Allahumma naqqini min khatayaya kama yunaqqa al-thawbu al-abyadu min al-danas, Allahumma ighsilni min khatayaya bi al-thalji wa al-ma’i wa al-barad.Artinya:“Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju yang dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air, dan es.”

Makna Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki makna yang sangat dalam. Doa ini memohon kepada Allah SWT untuk menjauhkan kita dari kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa yang dapat membatalkan shalat kita. Doa ini juga memohon agar shalat kita diterima oleh Allah SWT.

Manfaat Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam shalat, menjauhkan kita dari kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa, serta memohon agar shalat kita diterima oleh Allah SWT.

Keistimewaan Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki keistimewaan yang sangat besar. Doa ini sering disebut sebagai doa pembuka pintu rahmat Allah SWT. Dengan membaca doa iftitah, kita bisa memohon agar Allah SWT membuka pintu rahmat dan berkah-Nya atas kita.

Kapan Harus Membaca Doa Iftitah?

Doa iftitah harus dibaca saat kita memulai shalat. Doa ini harus dibaca sebelum membaca Al-Fatihah. Dengan membaca doa iftitah, kita bisa memulai shalat dengan doa yang baik dan memohon agar shalat kita diterima oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang doa iftitah allahumma baid. Doa ini memiliki arti yang sangat dalam dan penting dalam shalat. Doa iftitah juga memiliki keutamaan dan manfaat yang besar bagi kita sebagai umat muslim. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan ibadah shalat. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Doa Iftitah Allahumma Baid