Niat Sholat Mayit Perempuan

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas tentang niat sholat mayit perempuan. Sholat mayit merupakan salah satu kewajiban umat Islam dalam menghormati jenazah sebelum dikebumikan. Sholat mayit perempuan memiliki niat yang berbeda dengan sholat mayit laki-laki. Lalu, apa saja niat sholat mayit perempuan yang harus kita pahami? Simak ulasannya berikut ini.

Niat Sholat Mayit Perempuan

Niat sholat mayit perempuan harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Niat sholat mayit perempuan terdiri dari dua rakaat, tanpa ada ruku’ dan sujud. Berikut adalah niat sholat mayit perempuan yang harus kita baca ketika akan melaksanakan sholat mayit:

أُصَلِّي عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ رَاكِعًا خَلْفَ إِمَامِ الْمُسْلِمِينَ مَرَّتَيْنِ بِنِيَّةِ الْجَنَازَةِ الْأُولَى

Ushalli ‘ala hadzihil mayyitati raakian khalifah imaamil muslimiina marrataini biniyyatil janaazahil ula

Arti dari niat sholat mayit perempuan tersebut adalah “Aku sholat atas mayit ini dengan posisi berdiri di belakang imam muslim dua kali rakaat dengan niat jenazah yang pertama.”

Tata Cara Sholat Mayit Perempuan

Setelah membaca niat sholat mayit perempuan, kita juga harus memahami tata cara melaksanakan sholat mayit perempuan. Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat mayit perempuan:1. Menghadap kiblat dengan posisi berdiri di belakang imam.2. Membaca niat sholat mayit perempuan.3. Mulai sholat dengan membaca takbiratul ihram.4. Membaca doa iftitah.5. Membaca surah Al-Fatihah.6. Membaca doa khusus untuk mayit perempuan.7. Takbir kedua, kemudian membaca doa khusus untuk mayit perempuan.8. Mengucapkan salam dan mengakhiri sholat.

Doa Khusus untuk Mayit Perempuan

Doa khusus untuk mayit perempuan diucapkan setelah membaca Al-Fatihah pada sholat mayit perempuan. Berikut adalah doa khusus untuk mayit perempuan yang harus kita baca:

اللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا، وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا، وَصَغِيرِنَا وَكَبِيرِنَا، وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا، اللهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الإِسْلاَمِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الإِيمَانِ، اللهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تُضِلَّنَا بَعْدَهُ

Allahumma’ghfir li hayyina wa mayyitina, wa shahidina wa gha’ibina, wa shaghirina wa kabirina, wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaytahu minna fa-ahyihi ‘ala al-islami, wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu ‘ala al-imani. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudhillana ba’dahu.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa mereka yang masih hidup dan yang sudah meninggal, yang hadir dan yang tidak hadir, yang muda dan yang tua, yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, semoga mereka yang masih hidup tetap teguh beriman dan mereka yang meninggal diterima imannya. Ya Allah, janganlah Engkau menahan pahala mereka dan janganlah Engkau sesatkan kami setelah mereka.”

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan tentang niat sholat mayit perempuan yang harus kita pahami. Sholat mayit perempuan memiliki niat yang berbeda dengan sholat mayit laki-laki. Selain itu, tata cara melaksanakan sholat mayit perempuan juga harus kita pahami dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Niat Sholat Mayit Perempuan