Macam-Macam Segitiga

Segitiga Siku-Siku

Hello Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas tentang macam-macam segitiga. Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Yang pertama akan kita bahas adalah segitiga siku-siku. Segitiga ini memiliki salah satu sudut yang besarnya 90 derajat. Sudut ini disebut sudut siku-siku. Segitiga siku-siku memiliki rumus khusus untuk menghitung luasnya, yaitu 1/2 x alas x tinggi. Selain itu, segitiga siku-siku juga memiliki sifat-sifat khusus seperti hipotenusa, dua sisi miring, dan satu sisi tegak.

Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki tiga sisi yang sama panjang. Selain itu, segitiga ini juga memiliki tiga sudut yang sama besar, yaitu 60 derajat. Luas segitiga sama sisi dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi atau dengan rumus (sisi x sisi x akar 3) / 4. Sifat khusus dari segitiga sama sisi adalah bahwa titik-titik tengah dari sisi-sisinya akan membentuk segitiga sama sisi lagi.

Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang dan satu sisi yang berbeda panjang. Selain itu, segitiga ini juga memiliki dua sudut yang sama besar. Luas segitiga sama kaki dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi atau dengan rumus (sisi sama kaki x tinggi) / 2. Sifat khusus dari segitiga sama kaki adalah bahwa garis tinggi akan membagi segitiga menjadi dua segitiga sama kaki lagi.

Segitiga lancip

Segitiga lancip adalah segitiga yang ketiga sudutnya kurang dari 90 derajat. Sudut terbesarnya disebut sudut lancip. Luas segitiga lancip dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi. Sifat khusus dari segitiga lancip adalah bahwa ketiga titik sudutnya berada di dalam lingkaran.

Segitiga tumpul

Segitiga tumpul adalah segitiga yang memiliki satu sudut yang lebih dari 90 derajat. Sudut yang lebih dari 90 derajat ini disebut sudut tumpul. Luas segitiga tumpul dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi. Sifat khusus dari segitiga tumpul adalah bahwa titik sudut tumpul berada di luar lingkaran.

Segitiga sama kaki lancip

Segitiga sama kaki lancip adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang, ketiga sudutnya kurang dari 90 derajat, dan garis tingginya berada di dalam segitiga. Luas segitiga sama kaki lancip dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi. Sifat khusus dari segitiga sama kaki lancip adalah bahwa garis tinggi akan membagi segitiga menjadi dua segitiga sama kaki lancip lagi.

Segitiga sama kaki tumpul

Segitiga sama kaki tumpul adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang, satu sudut lebih dari 90 derajat, dan garis tingginya berada di luar segitiga. Luas segitiga sama kaki tumpul dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi. Sifat khusus dari segitiga sama kaki tumpul adalah bahwa titik sudut tumpul berada di dalam lingkaran.

Segitiga segitiga

Segitiga segitiga adalah segitiga yang memiliki dua sudut dan satu sisi sama dengan segitiga lain. Sifat khusus dari segitiga segitiga adalah bahwa ketiga titik sudutnya akan membentuk segitiga segitiga lain.

Segitiga siku-siku tumpul

Segitiga siku-siku tumpul adalah segitiga yang memiliki satu sudut siku-siku dan satu sudut tumpul. Luas segitiga siku-siku tumpul dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi. Sifat khusus dari segitiga siku-siku tumpul adalah bahwa hipotenusa akan membagi segitiga menjadi dua segitiga sama kaki tumpul.

Segitiga siku-siku lancip

Segitiga siku-siku lancip adalah segitiga yang memiliki satu sudut siku-siku dan satu sudut lancip. Luas segitiga siku-siku lancip dapat dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi. Sifat khusus dari segitiga siku-siku lancip adalah bahwa hipotenusa akan membagi segitiga menjadi dua segitiga sama kaki lancip.

Segitiga sembarang

Segitiga sembarang adalah segitiga yang tidak memiliki sisi atau sudut yang sama. Luas segitiga sembarang dapat dihitung dengan menggunakan rumus Heron. Sifat khusus dari segitiga sembarang adalah bahwa ketiga titik sudutnya tidak akan membentuk segitiga sembarang lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa macam segitiga yang perlu Sobat Teknohits ketahui. Setiap segitiga memiliki sifat-sifat khusus dan rumus khusus untuk menghitung luasnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan Sobat Teknohits tentang segitiga. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Sumber: kelasatap.com

Macam-Macam Segitiga