cara agar aplikasi android tidak minta update
Gambar : Suateknoid

Cara Agar Aplikasi Android Tidak Minta Update yang Terbukti Berhasil

Sebagai pengguna HP android, kita bebas menginstall aplikasi apa saja di dalamnya. Saat sudah diinstall, terkadang di waktu tertentu aplikasi tersebut meminta untuk diupdate ke versi terbaru. Bagi sebagian pengguna, ini membuat pengguna resah dan merasa terganggu. Lantas, bagaimana cara agar aplikasi android tidak minta update terus? Berikut informasi selengkapnya!

Cara Agar Aplikasi Android Tidak Minta Update

 

Seperti yang kita tahu, pada developer aplikasi dan game android selalu memberikan update terbaru untuk aplikasinya tersebut. Tujuan dari pembaruan atau update ini yakni untuk mengatasi bug yang terjadi di dalamnya. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk menambahkan fitur-fitur baru ke dalam aplikasi dan game tersebut.

Akan tetapi, terkadang pengguna merasa terganggu dengan aplikasi yang selalu memberikan notifikasi untuk melakukan update tersebut. Salah satu solusi agar Anda tidak lagi mendapatkan notifikasi untuk update aplikasi, yakni dengan mengaktifkan pembaruan otomatis di Google Play Store.

Lalu, bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur udpate aplikasi otomatis di Google Play Store tersebut? Untuk langkah-langkah selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi Google Play Store di HP android.
  • Pastikan Anda sudah login ke akun Google pribadi.
  • Kalau sudah, sekarang Anda klik ikon tiga haris horizontal yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Di sana akan muncul beberapa opsi, selanjutnya Anda masuk ke opsi Setelan atau Settings.
  • Sekarang Anda cari dan klik pada opsi Update Aplikasi Secara Otomatis atau Auto-Update Apps.
  • Di sana disediakan 3 pilihan untuk update aplikasi di Google Play Store. Opsi pertama yakni “Melalui Jaringan Apa pun”, yang berarti aplikasi akan secara otomatis diupdate ketika smartphone terhubung ke internet. Opsi kedua yakni “Melalui Wi-Fi Saja, yang artinya aplikasi akan diupdate secara otomatis hanya ketika HP terhubung ke jaringan Wifi. Dan opsi ketiga “Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis”, yang artinya aplikasi harus diupdate secara manual.
  • Anda pilih salah satu opsi dari ketiga pilihan di atas. Jika yang Anda inginkan adalah aplikasi diupdate secara otomatis, maka bisa pilih opsi nomor 1 dan nomor 2.
  • Jika sudah Anda klik tombol Selesai.
Baca Juga  5 Ciri-Ciri WhatsApp Anda Diblokir Teman

Dengan mengaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis, sekarang Anda tidak perlu lagi mengupdate aplikasi secara manual. Dan notifikasi update terbaru yang biasanya sering muncul saat menjalankan aplikasi tertentu, sekarang tidak akan Anda temukan lagi.

Cara Mematikan Update Otomatis per Aplikasi

Tidak semua pengguna setuju mematikan fitur update otomatis di Google Play Store. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang penting dan perlu diupdate sehingga bisa digunakan dengan semaksimal mungkin. Oleh sebab itu, admin juga akan berbagi tutorial menonaktifkan update otomatis satu per satu aplikasi.

  • Pertama, buka Play Store dan klik logo akun google Anda
  • Kemudian pilih opsi Aplikasi dan Game Saya
  • Setelah muncul semua daftar aplikasi terinstall, klik salah satu yang ingin dinonaktifkan
  • Klik icon titik tiga (pojok kanan atas) dan hilangkan cheklist pada “Aktifkan update otomatis”
  • Selesai

Sekarang, aplikasi-aplikasi yang menurut Anda penting tetap diupdate otomatis dan aplikasi kurang berguna tidak. Membuat pengaturan semacam ini sangat mudah bukan?

Itulah tadi cara agar aplikasi android tidak minta update dengan cara mengaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.