Laptop Kamu Tak Bisa Connect Wifi? Coba Lakukan 2 Cara Mudah Ini

Laptop Kamu Tak Bisa Connect Wifi? Coba Lakukan 2 Cara Mudah Ini

Seiring bertambahnya usia, laptop juga akan mengalami sebuah Masalah, salah satunya adalah Tak bisa connect wifi. Tentunya masalah tersebut masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Akan tetapi masih banyak orang yang tak msngetahui caranya, untuk itu yuk kita simak artikel dibawah ini yang guys.

Ternyata Ada banyak alasan kenapa laptop tidak bisa connect WiFi, mulai dari error , permasalahan pada penyedia layanan internet, dan lain sebagainya. Sebelum coba cara connect WiFi di laptop beirkut ini, kamu cek dulu Apa WiFi laptopmu sudah aktif atau belum. Periksa juga lampu indikator WiFi, karena bisa saja yang rusak yaitu hardwarenya.

 

Pengaturan Jaringan Internet

Salah satu penyebab laptop tidak bisa connect hotspot atau WiFi adalah pengaturan internet yang kurang tepat, bro. Untuk mengatasinya, kamu dapat ubah pengaturannya dari manual menjadi otomatis. Ikuti langkah-langkah berikut ini!

Langkah 1 – Masuk ke Open Network and Sharing Center

Klik kanan pada ikon Wi-Fi yang ada di pojok kanan layar, pilih Open Network and Sharing Center.

Langkah 2 – Pilih Menu Change Adapter Options

Kalau sudah masuk ke menu Open Network and Sharing Center, pilih menu Change adapter options.

Langkah 3 – Masuk ke Properties Wi-Fi

Klik kanan pada adapter WiFi, pilih Properties.

Baca Juga  3 Aplikasi Pembobol WiFi Terbaik & Terbaru Tahun 2021

Langkah 4 – Klik Dua Kali Pada Internet Protocol Version 4

Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

Langkah 5 – Aktifkan Fitur Otomatisnya

Pilih Obtain and IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically agar Wi-Fi bisa mencari pengaturan IP Address dan DNS secara otomatis. Itulah cara mengatasi laptop tidak bisa membaca WiFi maupun tidak bisa terhubung sama sekali. Kalau masih belum berhasil, kamu bisa coba cara selanjutnya.

 

Mengubah Saluran WiFi

Cara mengatasi laptop tak dapat connect WiFi Windows 10 berikutnya yaitu dengan mengubah saluran Wi-Finya. Saluran pada WiFi biasanya sudah memiliki pengaturan default tanpa harus kamu utak-atik. Kalau WiFi di laptopmu bermasalah, mungkin ada masalah dengannya. Nah, untuk cara memperbaiki WiFi laptop tidak bisa connect bisa kamu lihat melalui langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1 – Masuk ke Device Manager

Klik kanan pada logo Windows dan pilih Device Manager.

Langkah 2 – Masuk ke Properties Wi-Fi

Pilih menu Netwok Adapters, cari driver WiFi yang telah terinstall pada laptopmu, lalu klik kanan dan pilih Properties.

Langkah 3 – Ubah Value Menjadi Disabled

Klik tab advance dan ganti value menjadi disabled. Setelah itu restart laptop dan coba koneksikan ke jaringan Wi-Fi yang tersedia.