cara mengedit foto di laptop tanpa aplikasi
Gambar : Job-Like.com

Cara Mengedit Foto di Laptop Agar Gambar Lebih Keren

Foto adalah konten yang sedang diminati oleh pengguna internet dan semua orang berloma-lomba mengupload foto terbaik mereka. Untuk itulah, mengedit foto sangat dibutuhkan supaya hasilnya semakin indah dan keren. Beragam perangkat pun juga bisa dijadikan alat untuk edit foto, termasuk laptop. Cara mengedit foto di laptop penting Anda ketahui, karena ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Kendati demikian, bagi para pemula tetap bisa belajar dari dasar dengan metode yang tidak terlalu rumit dan relatif mudah. Hasil yang didapatkannya pun juga dipastikan tidak akan membuat kecewa karena beragam fitur tersedia. Kalau begitu langsung disimak pembahasan berikut.

Sejumlah Cara Mengedit Foto di Laptop dengan Mudah

  1. Edit Foto di photo viewer

Ini merupakan aplikasi bawaan dari laptop yang dimiliki. Semua perangkat memilikinya untuk dapat mengakses beragam jenis gambar yang tersimpan. Pada sistem operasi laptop versi yang terbaru, sudah mengalami kemajuan dengan menampilkan beragam fitur di dalamnya. Jika sebelumnya hanya mampu untuk memutar-mutar foto saja, namun sekang bisa membubuhi beragam efek.

Tidak hanya kemampuan untuk memotong gambar saja, namun beberapa hal bisa ditambahkan. Pengguna bisa mengatur kecerahan serta tingkat kejelasan warnanya secara manual. Cara mengedit foto di laptop ini sangat mudah. Cukup buka saja file yang hendak diedit tersebut, lalu buka dengan aplikasi bawaan yang tersedia.

Umumnya dengan menekan tombol ok pada media tersebut, maka akan secara langsung mengarah ke aplikasi yang dimaksud. Sekarang ini, ada beragam efek tambahan yang bisa dipakai seperti membuat foto menjadi nampak jadul ala era 80 atau 90an, menjadikan foto tersebut berwarna hitam putih saja, hingga membuat foto nampak seperti animasi kartun.

  1. Memakai aplikasi editor foto

Telah tersedia banyak sekali pilihan aplikasi untuk melakukan edit foto dengan memakai laptop. Beberapa diantarnya memang perlu kemampuan tertentu sehingga hasil yang diperoleh bisa memuaskan pengguna serta nantinya layak untuk diunggah pada media sosial atau sebagainya.

Baca Juga  Cara Download Google Sheet di Laptop yang Mudah Diterapkan

Pilihan aplikasi tersebut salah satunya yaitu PhotoShop. Aplikasi tersebut memang telah populer oleh banyak kalangan. Tersedia banyak versi karena perusahaan tersebut selalu memperbarui hampir setiap tahunnya. Muncul fitur-fitur baru pada setiap versinya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempercantik foto dengan aplikasi tersebut.

Tidak hanya memotong dengan sudut 90 derajat saja, namun beberapa objek yang ada di dalam gambar tersebut bisa diambil sehingga nantinya dicantumkan ke dalam foto yang lain ataupun dihapus dari objek sekitarnya. Selain itu, ada juga fitur untuk menambal suatu objek yang berlubang dengan diganti dengan warna yang sama dengan sekitarnya sehingga nampak natural.

Cara memakainya memang cukup rumit karena banyak sekali “tool” yang tersedia. Mulai dari memotong, menambahkan beberapa bentuk geometri, hingga mengatur tingkat kecerahan dan menggantikan warna pada beberapa lokasi yang ada pada di gambar. Aplikasi ini juga dapat dipakai untuk menambahkan beberapa kalimat yang hendak disematkan pada gambar tertentu.

  1. Cara Mengedit Foto secara online

Cara mengedit foto di laptop selanjutnya yakni menggunakan kemajuan jaringan internet masa kini. Telah muncul berbagai situs yang dapat digunakan untuk membuat foto menjadi berbeda dan pastinya semakin keren. Fitur yang ditawarkan pun juga kurang lebih sama dengan cara-cara yang sebelumnya telah dijelaskan.

Hanya saja, kelebihan dari langkah satu ini yakni tidak mengharuskan pemasangan aplikasi tambahan pada perangkat yang dimiliki. Lakukan penelusuran pada mesin pencarian di internet dan pengguna akan langsung menemukan pilihan website mana yang bisa dipakai.

Itulah beberapa panduan mengenai cara mengedit foto di laptop. Tidak semuanya membutuhkan tambahan aplikasi, namun pastinya dengan aplikasi khusus untuk melakukan hal tersebut, hasilnya akan lebih baik. Karena memang pengeditan foto membutuhkan program tertentu, sehingga akan lebih maksimal kalau memakainya.