cara menghapus cache di laptop

Cara Menghapus Cache Di Laptop Windows 10 Anti Ribet

Cache berfungsi untuk membantu meningkatkan performa sebuah aplikasi. Kendati demikian, ketika jumlahnya sudah menumpuk terlalu banyak sebaiknya segera dibersihkan. Pasalnya, tumpukan cache pada laptop bisa membuat performanya lemot. Untuk mengatasi masalah ini banyak cara menghapus cache di laptop yang bisa kamu praktikkan.

Mulai dari memanfaatkan aplikasi pihak ke-tiga, atau bisa juga tanpa aplikasi. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menghapus keberadaan cache yang berlebih di laptop.

Cara Menghapus Cache di Laptop Paling Ampuh

  1. Membersihkan Cache dengan Disk Clean Up

Cara menghapus cache di laptop yang pertama adalah dengan menggunakan Disk Clean Up. Fitur Disk Clean Up ini merupakan fitur bawaan yang terdapat pada setiap windows di setiap laptop. Langsung saja, untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Disk Clean Up pada laptop, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, klik menu “start” pada windows.
  • Kedua, pilih menu “program”lalu beranjaklah menuju pilihan “aksesoris”.
  • Ketiga, pilih opsi “system tool” lalu klik pada “disk clean up”.
  • Keempat, layar akan memunculkan jenis-jenis partisi yang memiliki cache. Tugas kamu selanjutnya adalah memilih cache diantara partisi tersebut lalu klik “oke” hingga muncul pemberitahuan penghapusan cache dalam partisi yang kamu pilih.
  • Terakhir, secara otomatis cache akan terhapus dengan sendirinya dari laptop kamu. Nah, untuk mencapai hasil maksimal sebaiknya restart kembali laptop sebelum digunakan.
  1. Membersihkan Cache Tanpa Aplikasi (Run Windows)

Cara menghapus cache di laptop selanjutnya dapat kamu terapkan dengan menggunakan fitur Run Windows. Run Windows merupakan memungkinkan kamu untuk menghapus file-file beserta cache pada bagian temporary (bagian yang berisikan file-file sementara).  Di bawah ini adalah langkah-langkah menggunakan Run Windows untuk menghapus cache pada laptop.

Baca Juga  Beginilah Cara Download Webex di Laptop Dengan Benar

 

  • Pertama, kamu dapat menggunakan instruksi lewat keyboard dengan menekan “tombol windows + R”  lalu tahan.
  • Kedua, secara otomatis akan muncul tampilan jendela “Run” pada layar laptop kamu.
  • Ketiga, ketikkan perintah “%temp%” pada jendela Run yang muncul kemudian tekan enter pada keyboard.
  • Keempat, secara otomatis akan muncul file-file sementara yang terdapat pada Windows.
  • Kelima, kamu dapat menghapus semua file yang muncul dalam folder temporary tersebut dengan cara menekan tombol perintah “ctrl + del” pada keyboard untuk menghapus keseluruhan file.
  • Terakhir, kamu dapat restart laptop terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan laptop lebih lanjut.

 

  1. Cara Menghapus Cache Dengan Ccleaner

Cara terakhir untuk menghapus kelebihan cache di laptop adalah menggunakan Ccleaner. Ccleaner merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai penghapus cookies, file-file sampah, history browsing, dan juga cache.

Aplikasi ini pun sangat mudah didapatkan dan banyak tersedia dalam versi free atau gratis. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi Ccleaner untuk membersihkan cache dari laptop:

  • Pertama, download aplikasi Ccleaner dari google ataupun browser lainnya. Untuk mendownload aplikasi ini, kamu hanya perlu mengetikkan “download app Ccleaner” maka akan muncul beberapa website yang menyediakan aplikasi ini secara gratis.
  • Kedua, instal aplikasi Ccleaner pada laptop. Untuk menginstal ikuti langkah-langkah yang muncul di jendela laptop kemudian klik “oke”.
  • Ketiga, buka aplikasi Ccleaner dan biarkan aplikasi mengakses seluruh file chahe di laptop.
  • Keempat, tunggu hingga proses selesai. Kemudian centang semua file yang terdeteks sebagai cache dan hapus file-file tersebut.
  • Kelima, restart leptop sebelum digunakan.

Itulah cara menghapus cache di laptop yang dapat kamu coba aplikasikan apabila laptop menjadi lemot karena cache yang berlebihan. Semoga cara-cara di atas dapat membantu kamu membersihkan cache secara berkala di laptop pribadi.