cara menyambungkan laptop ke tv
Gambar: - hantologie.com

Cara Menyambungkan Laptop ke TV yang Anti Ribet

Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sudah banyak dimiliki oleh sebagian besar masyarakat modern. Laptop tidak hanya digunakan untuk urusan perkantoran saja, melainkan juga untuk pendidikan, sarana bisnis hingga sekedar hiburan saja. Bicara soal hiburan, cara menyambungkan laptop ke TV perlu Anda ketahui.

Mungkin terkesan aneh, namun ternyata hal ini benar-benar bisa Anda lakukan. Misalnya saja saat ingin nonton bareng dan tampilan layar laptop kurang memuaskan untuk kegiatan tersebut. Di sini kamu bisa memanfaatkan TV untuk menampilkan film yang diputar di laptop, sehingga semakin memuaskan.

Lantas, bagaimana cara menyambungkan laptop ke TV? Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini!

Beberapa Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk menyambungkan perangkat laptop ke TV, baik dengan menggunakan sambungan kabel ataupun nirkabel. Caranya menghubungkan kedua perangkat tersebut pun terbilang sangat mudah. Adapun cara menyambungkan laptop ke TV selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Kabel VGA

Cara konvensional untuk menghubungkan laptop ke TV yakni dengan memanfaatkan kabel VGA. Kabel ini biasanya digunakan pada perangkat PC, di mana kabel tersebut menjadi penghubung CPU dengan monitor komputer. Cara ini bisa digunakan jika TV yang ingin disambungkan merupakan TV keluaran lama.

Berikut ini langkah-langkah menyambungkan laptop ke TV menggunakan kabel VGA, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda hidupkan kedua perangkat tersebut seperti biasa.
  • Kemudian langsung hubungkan keduanya menggunakan kabel VGA. Pastikan Anda menancapkan kabel VGA dengan sempurna.
  • Biasanya layar laptop akan secara otomatis ditampilkan di layar Televisi.
  • Jika tidak segera tampil, berarti Anda perlu melakukan pengaturan secara manual. Pada laptop Anda buka jendela Control Panel, kemudian masuk ke opsi Display. Klik pada opsi Adjust Resolution, kemudian pada bagian Display drop down box Anda pilih opsi TV.
  • Layar laptop akan langsung segera ditampilkan di TV.

Cara di atas hanya menampilkan gambar saja, tidak dengan suaranya. Jika ingin mengeluarkan suaranya juga di TV maka Anda bisa menggunakan kabel Audio yang dihubungkan pada kedua perangkat.

2. Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI

Cara kedua ini bisa digunakan jika TV yang ingin disambungkan merupakan keluaran terbaru. Biasanya TV keluaran terbaru sudah disediakan port untuk HDMI ini. Untuk langkah-langkah menyambungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI selengkapnya, yakni:

  • Hidupkan kedua perangkat dan hubungkan dengan kabel HDMI yang sudah disiapkan.
  • Pada TV, sekarang Anda atur inputannya menjadi HDMI. Untuk mengaturnya sendiri bisa dilakukan dengan menekan tombol AV.
  • Jika masih belum tampil, maka Anda perlu melakukan pengaturan manual pada laptop seperti cara di atas.

3. Menggunakan Chromecast

Berbeda dengan kedua metode di atas, di sini Anda tidak perlu menggunakan kabel untuk sambungannya. Melainkan menggunakan sambungan wireless atau nirkabel dengan memanfaatkan perangkat bernama Chromecast. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, yakni:

  • Siapkan perangkat Chromecast dan sambungkan ke TV yang ingin digunakan menampilkan layar laptop.
  • Pastikan Chromecast sudah terdeteksi di TV. Jika belum, maka Anda bisa mengatur input HDMI-nya hingga benar.
  • Beralih ke perangkat laptop, sekarang Anda kunjungi situs Chromecast melalui LINK INI. Anda download aplikasi Chromecast Setup dan install di perangkat laptop.
  • Selanjutnya hubungkan laptop ke jaringan Wifi dari Chromecast yang terpasang di TV tadi dan lakukan pengaturan sesuai instruksi yang diberikan.
  • Jika sudah berhasil terhubung, sekarang Anda sudah bisa menggunakan TV sebagai layar laptop.

Itulah tadi cara menyambungkan TV ke laptop menggunakan kabel dan tanpa kabel yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.