Cara Main Kartu Uno Yang Benar dan Tipsnya Biar Menang!

Cara Main Kartu Uno dalam artikel ini patut kamu simak agar tidak salah saat sedang bermain dengan teman-teman. Khususnya jika kamu adalah seorang pemula yang belum mengerti terlalu banyak. Wajib hukumnya memahami permainan kartu uno dari dasar, sehingga bisa mahir.

Beberapa tahun belakangan kartu uno menjadi salah satu permainan yang banyak dimainkan oleh anak muda saat sedang berkumpul. Kartu uno sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis seperti uno stacko, uno dos, dan uno flip.

Mau bermain uno tapi bingung dengan peraturannya? Tidak usah khawatir, kamu akan menemukan jawabannya dalam artikel di bawah ini

Cara Main Kartu Uno Yang Benar 

 

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara bermain kartu uno, mari kita simak peraturan umum sebelum memainkan kartu uno :

  • Jumlah pemain dalam permainan kartu uno minimal 2 orang dan maksimal 10 orang
  • Setiap orang dalam permainan akan diberi kartu sebanyak 7 kartu
  • Sisa kartu diletakkan di tengah sebagai draw card atau kartu tarikan
  • Sebelum itu, pastikan kamu sudah mengenal semua jenis kartu dalam permainan ini ya

Setelah mengetahui peraturan umum, mari kita mulai bermain :

  1. Kocok kartu uno terlebih dahulu

Tahap pertama untuk memulai permainan ini adalah dengan mengocok kartu supaya secara acak. Untuk permainan pertama, kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun biasanya, orang yang mengocok kartu adalah orang yang kalah dalam permainan sebelumnya.

  1. Bagikan kartu secara acak

Setelah kartu terkocok secara acak, selanjutnya adalah membagikan kartu sama rata ke setiap pemain. Jumlahnya adalah 7 kartu. Kemudian, kamu bisa membuka salah satu kartu sisa sebagai patokan mulai permainan.

Kartu ini bisa berjenis apa saja kecuali kartu +4. Jika yang keluar adalah kartu tersebut, kamu harus memasukkan dan mengganti kartu lainnya

  1. Permainan dimulai

Cara memainkan kartu uno ini pada prinsipnya adalah dengan mencocokkan warna maupun angka dari setiap kartu yang keluar sebelumnya. Contohnya kartu yang keluar sebelumnya adalah warna merah dengan angka 5. Nah, selanjutnya kamu harus mengeluarkan kartu pribadimu yang berangka 5 atau berwarna biru dengan angka lainnya.

Kartu selanjutnya harus dikeluarkan oleh pemain sesuai dengan urutan yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika ada pemain yang mengeluarkan kartu Reverse, urutan permainan harus berubah arah.

Jika ada pemain yang tidak memiliki kartu, mereka harus mengambil kartu dari draw card sampai menemukan kartu yang sesuai.

Kartu dengan simbol tertentu dapat kamu keluarkan kapan saja asal warnanya sesuai. Untuk kartu bersimbol +4, kamu bisa keluarkan saat tidak ada lagi kartu dengan angka maupun warna yang sama.

  1. Permainan berakhir

Untuk mengakhiri permainan ini, setiap pemain harus menghabiskan semua kartu pribadi mereka. Barangsiapa yang lebih dulu habis, mereka bisa selesai bermain dan menunggu pemain lainnya selesai.

Saat kartu pribadimu tersisa satu, kamu harus mengatakan UNO! Jika pemain lain berhasil mendahului ucapanmu, maka kamu harus mengambil 7 kartu dari draw card.

Tips Memenangkan Permainan Kartu Uno

Nah, kamu tadi sudah mengetahui peraturan dan cara bermain kartu uno. Selanjutnya, kamu bisa simak tips untuk memenangkan permainan ini, yaitu :

  1. Perhatikan jumlah kartu lawan atau jenis warna yang sering mereka keluarkan
  2. Gunakan secara bijak kartu-kartu simbol yang dapat menguntungkan kamu
  3. Gunakan kartu skipatau reverse jika pemain setelah kamu jumlah kartunya tinggal sedikit
  4. Simpan kartu +2 atau +4 untuk mengakhiri permainan dan menjatuhkan lawan

Demikian cara main kartu uno beserta tips untuk memenangkannya. Kamu juga bisa menambahkan beberapa peraturan sesuai dengan kesepakatan dengan pemain lain loh. Selamat mencoba!