Cara Cek Sertifikat Pelaut Online dan Berbagai Hal Tentang Pelaut

Ingin tahu cara cek sertifikat pelaut? Maka Anda berada di artikel yang sangat tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sertifikat pelaut ini sangat penting untuk pelampiran otentifikasi ketika Anda menyinggahi negara.

Pelaut adalah profesi yang bergengsi dan ada banyak orang yang ingin sekali menjadi pelaut. Kenyataannya, memiliki sertifikat pelaut tentu sama pentingnya dengan profesi itu sendiri. Maka dari itu, Anda harus memastikan sertifikat pelaut Anda bukan abal-abal sehingga keresmian profesi Anda terjamin.

Cara Cek Sertifikat Pelaut Online di Hp dan PC

Sebelum melangkah lebih jauh tentang cara mengecek sertifikat pelaut ini, ada hal yang fundamental yang harus Anda ketahui. Hal fundamental tersebut adalah kode pelaut dan juga nomer sertifikat.

Untuk letaknya sendiri, nomer sertifikat terletak pada bagian kanan atas. Ini berupa nomer seri yang jumlahnya adalah 16 digit pada sertifikat pelaut Anda. Sedangkan kode pelaut memiliki jumlah digit sebanyak 10 digit pertama pada nomer sertifikat yang ada di atas tadi. Langsung saja, cara mengeceknya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mengunjungi website resmi pelaut yakni di pelaut.dephub.go.id
  2. Input nomer sertifikat pelaut yang Anda miliki yang jumlahnya 16 digit
  3. Melakukan penyamaan captcha atau kode verifikasi bahwa Anda bukan bot
  4. Pilih icon kaca pembesar yang ada pada halaman website
  5. Selesai!

Beberapa Sertifikat Kepelautan yang Dibutuhkan oleh Pelaut

Sebagai pelaut, ternyata ada banyak sertifikat yang dibutuhkan. Hal ini sebenarnya wajar karena pekerjaan ini mengandung resiko dan juga merupakan profesi yang cukup sulit. Ada beberapa sertifikat yang dibutuhkan oleh seorang pelaut, antara lain adalah sebagai berikut!

  1. Sertifikat Keahlian Pelaut (COC)

Sertifikat yang satu ini adalah bentuk lisensi atau surat izin ataupun ijazah yang fungsinya adalah menegaskan bahwa yang memilikinya ini mampu untuk berlayar. Sertifikat COC ini juga terdiri dari beberapa sertifikat yakni Sertifikat Keahlian Nautika, Sertifikat Keahlian Teknik Permesinan, Sertifikat Keahlian Pelaut Radio Elektronika.

Dan yang harus Anda ketahui, ada urutan atau tingkatannya masing-masing mulai dari Ahli Nautika Tingkat Dasar hingga Ahli Nautika Tingkat I untuk yang paling tinggi. Saat ini, Sertifikat Keahlian Nautika Dasar atau ANTD sudah diubah menjadi sertifikat rating.

  1. Sertifikat Keterampilan (COP)

Yang tidak kalah pentingnya atas lisensi, Sertifikat Keterampilan juga sangat penting karena ini menunjukkan keterampilan yang dimiliki oleh pelaut. Sertifikat keterampilan ini sendiri kemudian dijabarkan menjadi beberapa mulai dari basic training, SCRB, AFF, MFA, SAT, MC, SDSD, AOT, ALGT, ACT, dan lain sebagainya.

Tips Menjadi Pelaut Pemula Bagi Anda

Anda baru saja akan terjun di dunia perlautan dan menjadi seorang pelaut? Tentu ini akan sangat menegangkan karena Anda akan mengarungi lautan. Menerapkan tips berikut mungkin akan memudahkan Anda dalam menjalani profesi sebagai pelaut pada awal-awal tahun Anda. Tipsnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan mental Anda karena ini adalah profesi yang ada banyak sekali tantangannya
  • Mempersiapkan berbagai dokumen dan sertifikat yang dibutuhkan seperti buku pelaut, AFF, SAT, MFA, BLGT, Paspor, dan masih banyak lagi lainnya
  • Miliki banyak relasi karena ini akan sangat membantu Anda
  • Menyiapkan skill bahasa Inggris Anda

Itulah cara cek sertifikat pelaut, sertifikat yang dibutuhkan, serta tips dalam menjadi pelaut pemula. Semoga Anda akhirnya menemukan jawaban atas pertanyaan yang ingin sekali Anda ketahui jawabannya tentang perlautan dan pelaut ini. Semangat untuk mewujudkan cita-cita.