5-trik-hentikan-anak-yang-kecanduan-gadget

5 TRIK HENTIKAN ANAK YANG KECANDUAN GADGET

Gadget merupakan sebuah kebutuhan bagi semua orang pada masa ini, gadget bisa membantu dalam berbagai hal dimulai dari memudahkan dalam pekerjaan maupun sekedar menghilangkan setres.

Namun bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan gadget, karena sekarang para anak kecil juga telah ahli dan terbiasa menggunakan benda tersebut. Banyak orang tua memberikan gadget kepada anaknya dengan alasan supaya sang anak tersebut lebih tenang saat bermain. Namun tahukah kamu bahwa terlalu berlebihan bermain gadget tidak baik dan bisa merusak mata anak loh.

 

Jadi apa yang harus dilakukan kamu saat anak sudah kecanduan bermain gadget? Yuk simak informasi yang sudah dibuat teknohits dibawah ini.

BATASI WAKTU BERMAIN ANAK

Jika anak kamu masih berusia lima tahun dan belum paham saat disuruh untuk bermain cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan batasan waktu ada anak. Misalnya, dalam sehari anak-anak dibatasi untuk bermain gadget selama dua jam saja. Jika lebih dari itu harus kamu harus tegas dan berani mengambil tindakan.

 

MEMBELIKAN MAINAN YANG LAIN

Jika anak kamu sudah kecanduan dalam bermain gadget maka Cara lainnya yaitu dengan membelikan mainan pengganti yang disukai mereka. Misalnya dengan memberikan pensil warna dan buku gambar, membelikan mainan lego, boneka dan lain sebagainya.

 

BAWA ANAK KE LUAR RUMAH

Anak-anak yang sudah kecanduan gadget biasanya sulit untuk dialihkan perhatiannya. Mereka juga akan memiliki sedikit ketertarikan pada lingkungan di luarnya. Untuk masalah ini, kamu bisa mengajaknya ke lingkungan luar dimana anak-anak seumurannya harus berkegiatan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak anak jalan-jalan ke luar rumah atau sekadar beraktifitas lainnya.

 

BERMAIN DENGAN ANAK

Banyak anak yang lebih memilih dirumah karena kurang kasih sayang orang tua. Jadi peran orangtua sangat dibutuhkan. Jadilah teman yang menyenangkan bagi si kecil. Jadi temani anak saat bermain ya.

 

EDUKASI ANAK

Jadi bagi kamu selalu orang tua harus dengan sabar memberikan edukasi tentang bahayanya gadget ke anak.

Bagian ini mungkin menjadi bagian yang paling sulit dilakukan orangtua karena setiap anak memiliki perlakuan yang berbeda. Hindari membentaknya atau bicara terlalu keras padanya. Dengan memberi pengertian yang baik akan membuat anak menghindari bermain gadget.

 

Itu saja informasi teknohits kali ini, semoga membantu..