5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Hallo guys, kali ini mimin akan memberikan sebuah informasi penting untuk kamu yang mau Tips Membuat surat lamaran kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar, dalam artikel ini mimin akan mengupas tuntas caranya agar surat lamaran kamu diterima HRD. Untuk itu yuk langsung saja kita ulas dibawah ini.

 

1. Gunakan kertas Folio Bergaris

Untuk mudahin kamu saat menulis dan menentukan ukuran kertas surat lamaran kerja tulis tangan, sebaiknya kamu menulis surat lamaran kerja pada kertas folio bergaris. Karena menurut mimin ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan sebab kertas folio bergaris akan memudahkan kamu dalam menulis dan akan membuat tulisan kamu menjadi lebih rapi. Jika kamu menulis surat lamaran di kertas HVS umum, kemungkinan besar tulisan kamu akan berantakan dan miring. Pastinya kamu nggak mau, dong, surat lamaranmu jadi nggak rapi?

2. Wajib Menggunakan Pulpen

Tips berikutnya yaitu kamu jangan pernah sekalipun memakai pensil atau bahkan spidol untuk menulis surat lamaran kamu. Kamu cuma diperbolehkan menggunakan tinta pulpen berwarna hitam atau biru. Teknohits lebih menyarankan kamu menggunakan tinta warna hitam karena terkesan lebih formal. Meski tinta biru dan hitam sama-sama diperbolehkan, namun jangan memakai keduanya sekaligus di dalam surat lamaran kerja kamu. Kamu bakalan terlihat nggak prepare dan nggak profesional.

3. Menulis Serapi Mungkin

Teknohits yakin tips satu ini mungkin agak sulit dilakukan untuk beberapa, karena setiap tulisan orang pasti berbeda. Akan tetapi tidak tidak bisa ya, sob! Kamu dapat berlatih terlebih dahulu untuk menulis surat lamaran kerja sebelum akhirnya mengirimkan versi finalnya. Tulisan yang bagus dan rapi akan memudahkan HRD untuk membaca tulisan kamu. Poin penting yang ingin kamu sampaikan di surat lamaran pun bakal lebih mudah dimengerti.

4. Gunakan Bahasa yang Formal

Sekali kamu menuliskan surat lamaran kamu dengan tulisan tangan, namun kamu jangan lupa kamu wajib tetap menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (jika diperlukan) dengan baik dan benar. Bukan cuma bahasa yang formal, kamu juga harus banget untuh mengetahu kaidah Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dan mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jangan sekalipun kamu tulis surat lamaran dengan bahasa gaul dan bahasa tidak formal sekalipun kamu melamar di perusahaan startup yang terkenal dengan budaya kerja modern.

5. Pastikan Halaman Kertasnya Bersih dan Tidak Lecek

Ini yang paling penting! Jangan sampai kertas lamaran kerja yang akan kamu berikan atau kirimkan kotor dan lecek. Hal tersebut akan terlihat kamu tidak profesional, jorok dan menyepelekan pekerjaan yang akan kamu lamar. Pokoknya nggak banget, deh, sob. Jaga sebaik mungkin surat lamaran kerja kamu, jangan sampai kotor dan lecek hingga sampai ke HRD. Simpan di wadah yang terlindung dari air dan kotoran hingga kamu mengirimkannya.

Tinggalkan komentar