Cara Cek Nomor NPWP Online Secara Mudah

Cek nomor NPWP online sebenarnya sangat mudah. Dengan keberadaannya, seseorang tidak perlu datang ke kantor pajak ketika akan melakukan pengecekan. Ini tentu sangat mempermudah pengguna. Kondisi berbeda terjadi beberapa tahun ke belakang ketika akses internet belum seperti sekarang. Kemudahan seperti ini sama sekali tidak terasa.

NPWP atau nomor penduduk wajib pajak sendiri sangat penting bagi seorang warga negara. Sebenarnya, nomor di dalamnya berfungsi sebagai saran yang diberikan oleh pemerintah kepada para wajib pajak. Dengan sarana tersebut, seseorang bisa melakukan administrasi perpajakan dengan lebih mudah. Keberadaannya juga sebagai tanda.

Nomor tersebut bisa menjadi identitas dan pengenalan diri seseorang. Dengan identitas ini, hak dan kewajiban bisa terjalankan secara sempurna. Namun sekarang, ada banyak orang yang tidak mengetahui cara cek nomor NPWP online. Jika kamu juga tidak mengetahui, berikut tata caranya secara mudah dan cepat.

Cara Cek Nomor NPWP Secara Online

Untuk melakukan cek nomor NPWP online, pelanggan bisa membuka website resminya terlebih dahulu. Websitenya sendiri berada di alamat ereg.pajak.go.id. ketika membukanya, akan terlihat beberapa kolom yang perlu diisi terlebih dahulu. Masukkan data tersebut secara lengkap dan benar.

Setelah diisi, tunggulah beberapa waktu hingga pointernya mengarah ke email. Terdapat perbedaan yang akan terlihat jika nomor tersebut masih aktif atau tidak. Jika sudah aktif, nomor dan identitas pemilik akan muncul. Apabila tidak muncul, ini membuktikan jika NPWP tersebut belum aktif.

Untuk menyelesaikan masalah ini, pemilik perlu mendatangi kantor pajak terdekat. Beritahukan permasalahan yang dialami dan petugas pajak akan mengaktifkan nomor tersebut. Setelah selesai, lakukan cek nomor NPWP online sekali lagi agar membuktikan bahwa kartu sudah benar-benar aktif.

Sebenarnya jika datang ke kantor pajak, pengecekan keaktifan kartu juga bisa dilakukan disana. Namun, kamu perlu request ke petugas untuk mengecek keaktifan tersebut. Prosesnya sendiri tidak lama sehingga tidak akan memakan waktu terlalu banyak. Prosesnya akan lebih cepat lagi jika kamu baru saja menggunakan layanan di kantor pajak.

Masih ada cara untuk cek nomor NPWP online. Cara tersebut adalah dengan melalui kring pajak. Nomor kring pajak sendiri adalah 1500200. Nomor telepon tersebut aktif selama 24 jam. Dengan itu, kamu bisa melakukan pengecekan keaktifan kapan saja. Namun, terdapat beberapa pertanyaan nasabah mengenai akses kring pajak.

Beberapa orang mempertanyakan keamanan data ketika melakukannya melalui telepon. Sebagai konsumen, kamu tidak perlu mempertanyakan hal ini. Operator pajak menjamin keamanan data ketika menggunakan fitur ini. Sebenarnya, kring pajak sendiri sudah mulai aktif dari tahun 2012. Waktu lama tersebut tentu menjamin keamanan dengan lebih baik.

Cara Membuat NPWP dan Persyaratannya

Untuk melakukan cek nomor NPWP online, kamu perlu memiliki kartunya terlebih dahulu. jika hendak membuatnya, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Syaratnya sendiri tergantung jenis wajib pajak yang akan dipilih. Jenis pertama adalah tipe pribadi yang yang tidak menjalankan usaha.

Ketika membuat tipe tersebut, persyaratan pertamanya adalah fotokopi KTP. Jika kamu berasal dari luar negeri, diperlukan berkas yang membuktikan izin tinggal di Indonesia seperti KITAS atau KITAP. Persyaratan untuk orang yang menjalankan usaha juga sedikit berbeda. Untuk tipe tersebut, fotokopi identitas juga perlu dibawa.

Namun selain fotokopi identitas, dokumen izin usaha juga perlu dibawa. Dokumen ini dibutuhkan sebagai legalitas bahwa usaha kamu memang berjalan secara normal. Untuk dokumen izin tersebut, tidak perlu membawa izin yang setingkat nasional. Minimal, kamu perlu membawa izin dari kelurahan.

Akan lebih baik jika bukti tagihan listrik juga dibawa. Jangan lupa juga untuk membuat surat pernyataan di atas materi bahwa kamu benar-benar membuat sebuah usaha. Dengan itu, kamu bisa menyelesaikan proses pembuatan dan cek nomor NPWP online. Terdapat jenis lain untuk wanita yang ingin urusan perpajakannya dibedakan dengan suami.

Untuk jenis ini, persyaratan yang perlu dipenuhi lebih banyak lagi. Dokumen identitas adalah hal pertama yang perlu dibawa. Setelah itu, jangan lupa juga untuk membawa fotokopi NPWP suami dan Kartu Keluarga. Jika suami kamu adalah warga negara asing, bawa juga dokumen perpajakan luar negeri tersebut.

Ini dibuktikan untuk membuktikan bahwa pihak suami juga melakukan kewajiban pajaknya di negara asal. Terdapat syarat lain yang paling penting. Syarat ini berisi surat perjanjian pisah harta dan pajak. Pada surat tersebut, diperlukan juga izin dari suami agar masalah perpajakan dari sang istri dipisahkan secara pribadi.

Manfaat Memiliki NPWP bagi Seseorang

Ketika cek nomor NPWP online sudah dilakukan dan kartu ternyata sudah aktif, terdapat beberapa manfaat yang akan didapat. Manfaat pertama sebagai yang paling penting terkait dengan kemudahan melakukan administrasi. Ada banyak proses administrasi yang menjadikan NPWP sebagai syarat wajib.

Administrasi pertama terkait dengan kredit bank. Saat melakukannya, nasabah perlu mencantumkan nomor NPWP aktif. Jika NPWP tidak aktif atau tidak dimiliki, proses tersebut tidak bisa dilanjutkan. Selain syarat mutlak, bank juga akan melakukan pengecekan pada nomor NPWP tersebut secara berkala.

Dengan pengecekan itu, bank akan mengetahui apakah nasabahnya taat pajak atau tidak. Ini menjadi salah satu fungsi dari keberadaan bank karena bank dan kantor pajak sudah bekerja sama untuk melancarkan program perpajakan negara. Ketika kartu sudah aktif dan bank menyetujui, ada banyak jenis kredit yang bisa dilakukan.

Jenisnya sendiri seperti KPR atau kredit kepemilikan rumah, KTA atau kredit tanpa agunan, hingga kredit multiguna. Pembuatan kartu kredit juga bisa dilakukan dengan limit mencapai 50 juta rupiah. Jangan lupa juga untuk cek nomor NPWP online ketika hendak mendaftar RDN. RDN sendiri adalah singkatan dari rekening dana nasabah.

Beberapa orang bahkan menyebutnya dengan RDI atau rekening dana investor. Ini adalah fitur dari bank yang memudahkan nasabah untuk melakukan investasi. Macam investasinya sendiri bermacam-macam mulai dari saham, reksadana, hingga obligasi. Di Indonesia sendiri, ada banyak bank yang membuka fasilitas RDI.

Di antara bank-bank tersebut, yang paling umum adalah Mandiri dan BCA. Keduanya memang terdepan dalam urusan fasilitas investasi bagi para nasabah. Namun, nasabah BNI dan BRI juga bisa menggunakan fasilitas.

Keberadaannya Juga Mempermudah Masalah Perpajakan

Ketika cek nomor NPWP online dan hasilnya aktif, kewajiban perpajakan sudah melekat pada diri seseorang. Tentu, kartu ini sendiri diperuntukkan untuk menyelesaikan masalah pajak. Kemudahan pertama ketika sudah aktif akan terlihat pada restitusi pajak. Restitusi sendiri adalah proses klaim ketika nominal pajak yang dibayarkan terlalu banyak.

Jika NPWP seseorang belum aktif, aktivitas restitusi tersebut tidak akan bisa dilakukan. Selain itu, kemudahan dalam pengurangan nominal pembayaran juga bisa dilakukan. Kamu yang merasa jumlah pajak yang ditanggung terlalu besar bisa mengajukan pengurangan dengan alasan yang valid.

Pastikan untuk mengecek secara berkala bahwa kartu kamu masih aktif. Jika sudah tidak aktif, segera lakukan proses ke kantor pajak. Jangan sampai membiarkan kondisi tidak aktif tersebut dibiarkan dalam waktu lama. Lagi pula, mengeceknya sangat mudah karena sudah ada cara cek nomor NPWP online.