Inilah Contoh Surat Pernyataan dan Cara Mudah Membuatnya

Terdapat banyak contoh surat pernyataan karena tulisan semacam ini memiliki tujuan, fungsi serta kegunaan yang juga berbeda beda. Jika kebetulan kamu juga sedang mencari contoh atau format pembuatan surat lamaran, sangat tepat membaca tulisan ini hingga selesai karena ada banyak info penting dan bermanfaat.

Pembuatan surat pernyataan memiliki fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk membuat atau menyatakan sesuatu. Kerap kali tulisan ini digunakan untuk lampiran saat kamu melamar kerja disertai dengan beragam lampiran lain. Melihat fungsinya, tentu saja ini adalah jenis tulisan yang memiliki sifat formal atau resmi.

Karena memiliki sifat formal, sudah pasti untuk membuatnya harus memenuhi kaedah penulisan yang sudah diatur secara tertulis. Oleh karena itu, kamu yang belum paham bagaimana aturan atau kaedah dalam membuat surat pernyataan, wajib mempelajarinya dengan cermat dan teliti lebih dulu agar tidak terjadi kesalahan.

Ada beberapa tahapan yang wajib kamu perhatikan agar pembuatan surat dengan menyatakan suatu hal ini dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan. Apa saja tahapan tersebut, akan kami jelaskan satu per satu. Sebelum itu, sekarang kamu juga bisa pelajari dulu beragam contoh surat pernyataan yang banyak beredar.

Sebenarnya dengan melihat beberapa contoh yang sudah ada tersebut, kamu sudah bisa mengamati apa saja unsur unsur di dalamnya. Hanya dengan sumber itu saja sebenarnya kamu pasti juga sudah mampu. Namun supaya lebih jelas dan memastikan mana yang benar, simak saja penjelasan lengkap berikut.

Ketahui Contoh Surat Pernyataan Paling Sesuai

Beberapa dari kamu pasti sudah pernah mencari referensi terkait dengan pembuatan surat jenis ini namun tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, ketahui dulu apa kebutuhan membuat surat pernyataan ini. Setiap kebutuhan bisa jadi punya aturan penulisan yang berbeda-beda jadi harus kamu pahami.

Terdapat beberapa jenis dokumen pernyataan yang harus kamu ketahui sebelum membuatnya. Tentu saja berbeda jenis maka berbeda juga isi dan tujuan penggunaannya. Belum lagi, unsur dan inti di dalam tulisan surat tersebut pasti juga akan sangat berbeda jadi pengaruhnya bisa dikatakan cukup besar.

Untuk mencari tahu contoh surat pernyataan yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, tentu cermati dulu seperti apa kebutuhan tersebut. Salah satu yang sering terjadi, tulisan kerap menjadi kebutuhan bagi para pelamar kerja. Pencari tenaga kerja biasanya sudah mensyaratkan apa yang harus tercantum di dalam surat tersebut.

Masih ada beberapa hal penting terkait dengan pembuatan surat pernyataan tersebut. Setiap contoh juga punya tujuan, fungsi serta manfaat yang berbeda beda. Meski pada intinya dalam tulisan tersebut menyatakan pihak pembuat surat menyanggupi untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang tertulis di dalamnya.

Fungsi Contoh Surat Pernyataan Wajib Kamu Pahami

Ada banyak fungsi dari masing masing jenis dari sebuah surat pernyataan. Akan kami jelaskan satu per satu apa saja fungsi tersebut sehingga pihak pembuat pernyataan akan lebih jelas. Selain sebagai bentuk tertulis akan sebuah kesanggupan, pembuatan tulisan ini juga memiliki beberapa fungsi lain seperti berikut.

Menyertakan detail penjelasan terkait dengan pernyataan

Dalam pembuatannya, contoh surat pernyataan harus menjelaskan secara detail apa saja hal yang disanggupi di dalamnya. Terkadang pembuat atau penulis juga harus menyertakan apa saja risiko yang harus ditanggung apabila kenyataan tidak sesuai dengan pernyataan di dalam dokumen tersebut.

Syarat untuk melakukan sebuah pekerjaan

Dalam melakukan sebuah pekerjaan memang sebaiknya ada bukti tertulis agar terbangun kepercayaan. Dokumen dan semua persyaratan pendukung juga harus dicantumkan pada saat pembuatan. Jika hal ini sudah tercantum, maka hak dan kewajiban masing masing pihak baik itu pembuat atau penerima dokumen akan semakin jelas.

  1. Sebagai bukti pengingat sebuah kesanggupan pekerjaan

Dokumen ini juga bisa digunakan sebagai pengingat agar masing masing pihak senantiasa melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang sudah disepakati. Pembuatan dokumen kesanggupan atau pernyataan ini begitu penting supaya kamu tahu apakah sebuah pekerjaan sudah dilakukan sebagaimana mestinya.

2. Sebagai bukti apabila terjadi pelanggaran perjanjian

Ketika terjadi suatau kendala atau pekerjaan yang dilakukan pembuat dokumen pernyataan ternyata tidak sesuai, kamu juga punya bukti kuat dengan adanya bukti tertulis. Pembuatan dokumen juga selalu disertai materai karena di dalam pekerjaan tersebut pasti terkait dengan nilai kontrak, gaji atau pun upah.

Manfaat Contoh Surat Pernyataan untuk Semua Pihak

Baik pembuat atau penerima dokumen pernyataan akan sama sama mendapatkan manfaat dengan adanya dokukan tersebut. Kamu juga wajib pelajari dulu apa saja manfaat yang didapat dengan adanya surat semacam ini. Di bawah ini sudah kami siapkan beberapa penjelasan terkait dengan manfaat untuk masing masing pihak.

1. Manfaat bagi penulis atau pembuat

Jika kamu membuat surat pernyataan sebelum melakukan pekerjaan tentu akan bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan apa yang diminta. Dokumen ini bisa menjadi salah satu petunjuk atau instruksi ketika akan melakukan sebuah pekerjaan secara benar.

2. Manfaat bagi penerima

Tidak hanya bagi pembuat karena penerima juga akan merasakan beberapa manfaat. Manfaat paling besar tentu saja untuk mengawasi sebuah pekerjaan dilakukan dengan benar atau tidak. Baik tanggung jawab serta keseriusan penerima kerja juga bisa dilihat dari jenis dokumen semacam ini.

3. Bagi pihak lain yang terkait

Di dalam pembuatan dokumen pernyataan biasanya tercantum juga beberapa pihak lain. Pihak lain tadi juga akan mendapat manfaat tersendiri karena akan mendapat pengakuan secara resmi dan tertulis. Pengakuan tersebut bisa berkaitan dengan hasil sebuah pekerjaan atau contoh lain adalah termasuk anggota organisasi tertentu.

Kriteria Contoh Surat Pernyataan yang Baik dan Benar

Karena memiliki sifat resmi, pembuatan dokumen terkait dengan sebuah pernyataan tidak boleh asal namun harus memenuhi beberapa kriteria. Adapun kriteria yang wajib kamu sertakan dalam pembuatan dokumen pernyataan tersebut telah kami rangkum pada beberapa paragraf di bawah ini.

Kriteria pertama adalah penggunaan bahasa yang harus resmi sesuai dengan ejaan atau aturan penulisan berlaku. Penggunaan bahasa resmi menunjukan kegunaan dokumen yang bersifat formal atau mengandung ifnormsi informasi penting. Kriteria selanjutnya juga wajib ada yaitu identitas lengkap dan valid dari masing masing pihak yang terlibat.

Mulai dari identitas pembuat surat, penerima surat hingga semua pihak yang terkait dengan perihal di dalamnya harus dicantumkan secara jelas. Peletakan judul dalam dokumen ini juga tidak boleh asal melainkan harus berada di tengah mengingat sifatnya dokumen formal atau resmi.

Bagian atau kriteria paling penting terkait dengan isi surat dimana harus mewujudkan bentuk kesanggupan atau pernyataan itu sendiri. Satu lagi kriteria yang harus ada saat kamu membuat surat pernyataan adalah tanda tangan di atas materai. Penggunaan materai disesuaikan dengan kebutuhan dari dokumen itu sendiri.

Secara keseluruhan, pembuatan surat pernyataan ternyata tidak terlalu sulit apabila kamu sudah paham tata caranya. Selanjutnya ketika kamu membutuhkan sebuah surat pernyataan terkait dengan pekerjaan atau kesanggupan, maka bisa membuatnya dengan mudah dan tidak perlu bingung lagi mencari contoh surat pernyataan secara baik serta benar.