7 Penyebab WiFi Lemot & Cara Mengatasinya | 100 % WORK!

7 Penyebab WiFi Lemot & Cara Mengatasinya | 100 % WORK!

Di era digital ini internet menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. bahkan saat ini sudah banyak orang yang memasang dan mempunyai router WiFi di rumah. tapi terkadang koneksi yang diberikan wifi lemot. Lalu apasih penyebab wifi lemot? Dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Yuk langsung saja kita simak infonya berikut ini.

1. Koneksi Internet Bermasalah

Penyebab WiFi lemot yang pertama yaitu koneksi internet bermasalah. Kamu tinggal ambungkan kabel PC / laptop kamu dengan router melalui kabel Ethernet. Untuk mengecek kecepatan koneksi internetmu, kamu dapat hubungi situs SpeedTest.net. jika kamu rasa nggak beres, berarti ada masalah dengan koneksi internet / WiFi-

Jika kamu merasa gak ada problem dengan hardware, itu artinya masalah bisa datang dari provider internet. Kamu dapat minta operator untuk me-reset router dan koneksi kamu. Jika kamu memakai jaringan Indihome, maka kamu dapat hubungi call center Indihome. Begitu pula dengan pengguna First Media dan internet service provider lainnya.

2. Download File Besar

Penyebab WiFi lemot berikutnya yaitu men-download dengan ukuran yang besar. Entah kamu gak sadar sedang men-download atau pengguna lain yang sedang men-downnload. Saat sedang download, WiFi akan memfokuskan bandwidth untuk mempercepat download kamu. Apalagi bila kamu men-download game dengan ukuran besar.

Jika kamu sedang terdapat kebutuhan internet mendesak, kamu dapat menghentikan sementara progress download kamu dengan catatan kamu menggunakan aplikasi downloader seperti IDM.

3. Kabel LAN Putus

Penyebab WiFi lemot yang ketiga yaitu dari hardware, tepatnya kabel LAN yang tersambung ke router kamu, sob. Dapat terjadi, kamu salah menyambungkan kabel atau bahkan putus. Terdapat banyak alasan kenapa kabel LAN bisa putus. Mulai dari build quality kabel yang buruk, usia kabel yang sudah tua, atau juga karena digigit tikus.

VIRAL :  5 Film Keluarga Terbaik Bikin Sayang Orang Tua

Jika kamu dapat memasang dan mengganti kabel sendiri, kamu dapat beli kabel lan baru sebagai pengganti di aplikasi eCommerce. Harganya pun cukup murah, kok, sob. Lain halnya bila kamu gak mengerti cara mengecek dan mengganti kabel LAN. Kamu bisa menelepon pihak provider internet kamu untuk mengirim teknisi ke rumah.

4. Peletakkan Router

Gunakan cara tersebut jika kamu telah mengecek kecepatan WiFi kamu lewat kabel Ethernet dan situs SpeedTest dan hasilnya normal tapi WiFi kamu masih terasa lemot. Seperti yang kamu tahu, router yang kamu gunakan berfungsi untuk memancarkan sinyal WiFi ke seluruh ruangan. Lokasi peletakannya pun memengaruhi kecepatan internet.

Ada lokasi-lokasi peletakan router yang nggak disarankan, antara lain di dekat jendela, di ruangan tertutup, di dekat barang elektronik, dan lain-lain. Saat router kamu ditaruh di dekat jendela, sinyal WiFi kamu bakal terbagi ke luar rumah sehingga gak maksimal. Ruangan tertutup pun nggak direkomendasikan karena sinyal bakal terhalang tembok.

Router yang diletakkan di dekat benda-benda elektronik, maka sinyal WiFi juga akan terganggu, geng. Pasalnya, benda elektronik mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang akan mengganggu kinerja router dan sinyal WiFi. Untuk masalah tersebut, cara untuk mengatasi jaringan WiFi lemot di HP maupun laptop / PC terbaik yaitu dengan meletakkan router di tengah ruangan yang luas tanpa banyak sekat supaya sinyal lebih mudah ditangkap.

5. Terlalu Banyak Pengguna

WiFi dapat kamu gunakan siapa saja yang memiliki akses dan berada dalam jangkauan router. Makin banyak pengguna, tentu saja berpengaruh dengan kecepatan WiFi kamu. Oleh sebab itu, kamu dapat memasang / mengganti password WiFi melalui router kamu untuk membatasi akses pengguna lain yang tidak kamu inginkan.

VIRAL :  4 Aplikasi Keamanan Untuk Mengunci Aplikasi

Selain untuk membatasi pengguna, password juga berguna untuk melindungi informasi pribadimu. WiFi yang diretas dapat berakibat data-data pribadimu dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Perhatikan FUP (Fair Usage Policy)

Salah satu penyebab WiFi lemot paling umum yang jarang disadari banyak orang yaitu FUP atau Fair Usage Policy. FUP adalah sebuah kebijakan yang mengatur penggunaan internet dengan tidak wajar. Speed internet kamu akan dikurangi apabila penggunaan internet kamu telah melebihi batas FUP. Banyak yang tertipu dengan paket internet Unlimited, baik pada internet rumahan maupun pada HP. Banyak ISP yang diam-diam menerapkan FUP pada paket unlimited..

7. Mengganti ISP (Internet Service Provider)

WiFi yang lemot tentu saja bikin emosi. Lebih kesel lagi kalau lemotnya WiFi kamu gak cuma sekali terjadi tapi berkali-kali. Jika kamu sudah kesal dengan ISP atau Internet Service Provider yang lemot, solusi terakhirnya ya adalah mengganti ISP kamu, sob. Saat ini, para perusahaan ISP saling perang tarif demi memperoleh pelanggan terbanyak. Banyak promo pemasangan internet yang dapat kamu cari tahu di internet.