9 Cara Mengatasi Laptop Hang | 100% WORK!

9 Cara Mengatasi Laptop Hang | 100% WORK!

Pada artikel sebelumnya teknohits sudah membahas faktor yang menyebabkan laptop hang. kali ini mimin akan coba memberikan 9 cara mengatasi laptop hang yang sudah dirangkum berikut ini.

1. Biarkan Laptop Memproses Data

Cara mengatasi laptop error yang paling simpel yaitu dengan sabar menunggu sistem laptop untuk memproses data yang sedang dibaca atau ditulis. Laptop yang sedang sepenuhnya bekerja dalam satu atau lebih aplikasi akan terlihat seperti hang. Tunggu saja laptop kamu untuk memproses data yang sedang berjalan dan pastikan kamu tidak kasih perintah apapun ke laptop.

Bila laptop masih mengalami hang, maka kemungkinan hal tersebut terjadi sebab terdapat error pada sistem atau software yang dapat kamu perbaiki dengan cara selanjutnya di bawah.

2. Mengatur Ruang Local Disk C Drive

Cara berikutnya yaitu dengan memastikan kondisi Local Disk C atau memori internal untuk sistem drive tidak penuh. Kebanyakan pengguna Windows 10 dan 7 telah mengabaikan hal tersebut, lalu mengeluh laptop menjadi lambat sampai hang.

Cara mengatasi laptop blank tidak bergerak dengan mengatur ruang Local Disk C tentu akan membuat laptop kamu kembali ke performa awal dan bisa menghindari terjadinya freeze. Akan tetapi, jangan sembarangan membuang file yang adalah driver sistem operasi. Kamu pastikan saja terdapat ruang cukup di Local Disk C hingga penunjuk ruang Disk berubah menjadi hijau.

Kamu dapat melakukan partisi Hard Disk dari Local Disk C bila mau menyimpan data, sehingga Local Disk untuk driver tidak terganggu.

3. Tutup Aplikasi Not Responding

Kamu harus cepat tutup aplikasi yang error atau berstatus Not Responding bisa menjadi salah satu cara mengatasi laptop hang. Hal tersebut sering terjadi saat kamu sedang jalani aplikasi yang membutuhkan kinerja CPU besar. Menutup aplikasi berstatus Not Responding dapat kamu lakukan di Task Manager. Task Manager bisa kamu akses melalui shortcut keyboard, di sana semua aplikasi dan aktivitas laptop dapat kamu atur.

Berikut cara selengkapnya untuk menggunakan Task manager:

  1. Tekan CTRL + ALT + DEL pada keyboard secara bersamaan, lalu pilih Task Manager.
  2. Pilih aplikasi yang ingin dihentikan, lalu tekan tombol End Task di pojok kanan bawah.
  3. Tunggu sebentar hingga akhirnya CPU akan menutup paksa aplikasi tersebut.
  4. Lakukan restart setelah kamu menutup aplikasi yang hang.

4. Reboot Laptop

Lakukan reboot laptop tentu saja adalah hal yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna saat mengalami masalah pada laptop. Akan tetapi, hal tersebut memang terbukti ampuh dalam beberapa kondisi. Lakukan sebuah reboot atau restart PC akan mengulang proses dalam sistem operasi dari awal dan mampu mengatasi error yang terjadi di saat booting PC pertama.

Cara Mengatasi Laptop Error Tidak Bergerak Lainnya~

5. Scan Virus

Seperti yang teknohits sebutkan sebelumnya, virus yaitu salah satu penyebab laptop hang paling sering dialami oleh pengguna. Tapi, terdapat cara mengatasi laptop hang sebab hal tersebut dengan memakai antivirus. Enggak cuma menginstall antivirus, kamu pula kudu lakukan full scan secara rutin untuk mengetahui adanya virus yang masih bandel di laptop.

Lakukan scan virus setiap kali kamu mengkoneksikan perangkat eksternal, merupakan cara mengatasi laptop error karena virus yang penting dilakukan sehingga tidak terjadi hal tak diinginkan.

Berikut adalah sejumlah software antivirus yang Jaka rekomendasikan:

  1. Kaspersky Anti-Virus
  1. ESET NOD32 Antivirus
  2. Norton AntiVirus
  3. Bitdefender Antivirus
  4. Trend Micro Antivirus

6. Test kondisi RAM

Bila kamu terus mengalami hang saat menjalankan aplikasi berat seperti Adobe Premiere ataupun AutoCAD, kemungkinan karena kapasitas RAM laptop yang kurang besar. Aplikasi berat yang berkutik dalam hal rendering seperti ini akan membutuhkan peranti keras yang mumpuni, begitu juga dengan aktivitas gaming pada laptop.

Oleh sebab itu, kamu kudu updgrade RAM laptop untuk memperoleh performa yang lebih mumpuni dan lancar. Akan tetapi, terdapat juga kasus di mana kapasitas RAM sudah besar tapi masih belum dapat menampung program yang berat. Mungkin kamu kudu melakukan Windows Memory Diagnostics untuk mengetahui kesehatan RAM kamu.

7. Update Driver

Update driver Windows merupakan salah satu cara mengatasi laptop hang karena driver error. Hal tersebut akan menggantikan driver lama kamu ke driver yang lebih baru.

Berikut yaitu langkah melakukan update driver di laptop Windows kamu:

  • Klik kanan pada opsi This PC (Windows 10/8) atau My Computer (Windows 7), lalu pilih Manage.
  • Klik Kanan pada Disk Drives lalu pilih Update Driver Software. Khusus untuk pengguna Windows 7, update driver terdapat pada menu Properties.

8. Pantau Suhu CPU

Kamu yang sering mengalami hang saat bermain game, penting untuk memantau suhu CPU. CPU yang alami hal overheat akan berdampak buruk bagi laptop dan dapat mengalami kerusakan secara permanen. Cara mengatasi laptop hang saat main game lewat sebuah pantauan suhu sering dilakukan oleh banyak pemain profesional, apalagi bila mau melakukan overclocking.

Memantau suhu CPU di laptop dapat dilakukan melalui software berikut:

Core Temp

HWMonitor

Real Temp

AIDA64 Extreme

Speccy

9. Error Checking dan Defragment Drive

Cara atasi laptop hang saat baru dinyalakan ataupun di tengah-tengah penggunaan yang terakhir yaitu, melakukan Error Checking dan Defragment Drive untuk Local Disk kamu. Fitur Error Checking akan memantau apakah ada file atau program pada laptop yang bermasalah. Sedangkan Defragment Drive gunakan untuk memastikan setiap file yang terdapat dalam Hard Disk tersusun rapi dan ada pada folder default.

Hal tersebut pula berlaku pada Local Disk C Driver yang tidak tersusun rapi sebagai sumber masalah saat mengalami hang. Untuk melakukan Error Checking dan Defragment Drive, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Klik kanan pada Local Disk C, pilih Properties.
  • Pilih kolom Tools dan klik Check pada Error Checking
  • Klik tombol Optimize pada Optimize and Defragment Drive.
  • Pilih Disk yang ingin dioptimasi, lalu klik Optimize.

Cara mengatasi laptop hang dengan Error Checking dan Defragment Drive ini biasanya dilakukan oleh sebagian laptop secara otomatis. Akan tetapi, pastikan ulang dengan melakukan Defragment secara manual.