MP3 Gak Jaman! Inilah Perbedaan Dengan FLAC Yang Manjakan Telinga

Mendengarkan lagu merupakan sebuah hal yang dilakukan banyak orang untuk memanjakan telinga. bahkan lagu merupakan salah satu bagian dari kehidupan karena dengan kita mendengarkan lagu terkadang suasana hidup dan hati kita akan berubah.

Selama ini mungkin kamu sering mendengarkan lagu masih dengan format MP3 benar enggak sob? Tentu saja, karena format mp3 adalah format yang sangat populer dari jaman dulu sampai sekarang.

Tapi apakah kamu tahu jika format lagu mp3 sudah gak jaman? yang kamu harus tau juga jika izin untuk program mp3 juga sudah dihentikan pada Mei tahun 2017 lalu. Lalu apa pengantinnya? Yuk semua itu akan mimin bahas dibawah ini.

Pengganti dari mp3 adalah FLAC yang memang sama-sama sebuah format lagu, akan tetapi soal kualitas beda jauh sekali. Supaya jelas bedanya, teknohits akan coba jelaskan ke kamu satu per satu sebagai berikut…

1. Pengertian MP3

MP3 atau MPEG Audio Layer III adalah sebuah format audio dengan tingkat kompresi sekitar 75% sampai 95% dari ukuran aslinya. Tetap mempunyai kualitas suara yang cukup baik, akan tetaoipengurangan kualitas dari tingginya tingkat kompresi enggak bisa terhindarkan.

Kekurangan MP3

  1. Range suara sangat sempit sebab kompresi tinggi.
  2. Grafik audio kerap kasar sehingga membuat sakit telinga.

2. Pengertian FLAC

FLAC atau Free Lossless Audio Codec adalah sebuah format audio dengan tingkat kompresi sekitar 50% sampai 60% dari ukuran aslinya. Dengan ukuran file jauh lebih besar dari MP3, kualitas suara yang dimiliki terjaga sampai sangat mirip dengan sumber audionya.

Kelebihan FLAC

  1. Range suara jauh lebih luas.
  2. Grafik suara sangat halus, tidak membuat telinga sakit.
  3. Audio Bit Rate hingga 4068Kbps.
  4. Kekurangan FLAC
  5. Ukuran file sangat besar, minimal tiga kali dari MP3.
  6. Harus didengar memakai perangkat audio hi-res.
  7. Berat untuk distreaming dengan internet lambat.

3. Komparasi Side by Side MP3 vs FLAC

Untuk lebih lengkap, kamu dapat mendengarkan contoh audio. Namun sebelum mulai mendengarkan, pastikan pakai perangkat audio yang sudah hi-res ya. Karena kalau gak, akan terasa sama saja.

Tinggalkan komentar