Inilah Perbedaan Tethering dan Hotspot yang Wajib Kamu Tahu | Awas Salah

Inilah Perbedaan Tethering dan Hotspot yang Wajib Kamu Tahu | Awas Salah

Sebagai manusia yang hidup pada generasi jaman now saat ini banyak aktivitas yang dilakukan melalui bantuan internet, tidak dipungkiri koneksi internet merupakan suatu kebutuhan yang sama dengan kebutuhan primer lain seperti makanan dll.

Karena jujur saja, ketika kita tidak terhubung dengan internet satu hari saja kita pasti sudah ketinggalan informasi dan enggak bisa terhubung dengan sahabat ataupun pasangan melalui dunia maya.

Akan tetapi meskipun internet merupakan hal yang sangat dibutuhkan, tapi banyak orang yang inginnya koneksi gratisan saja. Menggunakan internet gratis bisa kamu lakukan melalui akses hotspot di tempat tempat tertentu bahkan kamu juga bisa minta tethering pada sahabat kamu.

Lho bukannya hotspot dan tethering itu sama ya? Jangan salah sob. Kedua istilah ini ternyata mempunyai arti dan makna tersendiri lho. Jadi jangan disamakan ya, yuk langsung saja kita ulas perbedaan Hotspot dan tethering di bawah ini ya.

Perbedaan Antara Tethering Hotspot

Banyak orang yang berpikir jika dua istilah ini sama atau punya arti yang identik. Memang, baik tethering maupun hotspot merupakan dua hal yang saling berkaitan. Akan tetapi jika ditelaah, dua istilah ini ternyata punya arti yang berbeda. Kamu enggak mau kan dianggap gaptek karena enggak bisa membedakan dua hal ini? Untuk itu, Jaka akan bahas perbedaan tethering dan hotspot. Yuk simak.

Tethering

Perbedaan Tethering Dan Hotspot

Pastinya kita sering mendengar kids jaman now yang hobi minta tethering sama teman yang terdapat pada sekitarnya. Atau kamu pula bisa dimasukkan kedalam salah satu yang punya hobi sama? Tethering sendiri artinya adalah mengakses internet dalam sebuah perangkat (smartphone, komputer, dsb) melalui perangkat lainnya. Dengan kata lain, sebuah perangkat meminjam koneksi internet perangkat lainnya.

Tethering sendiri dapat kamu lakukan dengan beberapa cara mulai dari menyambungkannya dengan WiFi, melalui bluetooth, atau menyambungkannya secara fisik dengan kabel USB. Istilah tethering biasanya digunakan untuk jangkauan area yang sempit alias enggak terlalu luas dan jumlah perangkat yang tak banyak.

Hotspot

Istilah hotspot sudah pasti sering kamu dengar dan populer di kalangan masayarakat. Di berbegai tempat atau fasilitas umum pula udah banyak banget yang menyediakan hotspot untuk digunakan para pengunjungnya. Hotspot sendiri punya arti penyedia akses internet yang terkoneksi tanpa kabel (wireless) untuk perangkat seperti smartphone, komputer, laptop, dan sebagainya.

Perbedaan yang paling mendasar dari tethering yaitu hotspot punya jangkauan area luas hingga mencapai radius 30 meter. Selain itu, sebuah hotspot dapat menampung jumlah perangkat yang lebih banyak tanpa takut koneksi jadi enggak stabil. Berbagai perangkat yang bisa dijadikan hotspot antara lain router, smartphone dan komputer.